Analisis Biaya Operasional Kendaraan Bus Micro PO. Teguh Rahayu Trayek Purbalingga-Bobotsari

Sulfah Anjarwati, Tri Adi Saputro

Abstract


Angkutan umum merupakan salah satu moda transportasi yang masih menjadi pilihan masyarakat di Purbalingga. Satu diantaranya adalah PO. Teguh Rahayu yang melayani rute Terminal Purbalingga - Bobotsari. Penentuan besaran tarif angkutan membutuhkan penanganan dan kebijakan yang arif. Karena harus dapat menjembatani kepentingan pengguna jasa dan pengelola jasa angkutan umum. Maka dari itu dilakukan penelitian mengenai tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan untuk mengetahui tarif yang tepat. Metode pengumpulan data dengan melakukan survey penumpang dan wawancara terhadap Operator PO. Teguh Rahayu untuk mengetahui biaya operasional kendaraan micro bus. Didapatkan hasil BOK rata - rata sebesar Rp. 5.906,91/ Orang-trip. Untuk perhitungan tarif maksimal diperoleh sebesar Rp 6.302,04 dan perhitungan tarif minimal diperoleh Rp 3.428,35. Namun tarif yang ada di lapangan dimana tarif ditetapkan adalah Rp. 5000/orang-trip, untuk satu kali perjalanan dengan jarak tempuh 11 Km. Berdasarkan perhitungan tarif Bus PO. Teguh Rahayu trayek terminal Purbalingga – Bobotsari didapat harga tarif lapangan mendekati posisi tarif perhitungan biaya operasional kendaraan. Hal ini menunjukan hasil analisis tarif berdasarkan biaya operasional kendaraan dengan tarif sebenarnya masih sesuai.

 


References


Abbas Salim, H.A. (2006). Manajemen Transportasi. Jakarta

Departemen Perhubungan. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur, Jakarta.

Tamin, O.Z. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Sub Jurusan Transportasi – Jurusan Teknik Sipil ITB, Bandung.

Warpani, Suwardjoko. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

______________, (1990). Merencanakan Sistem Pengangkutan. Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Widari, Sri. (2010). Analisis Tarif Angkutan Pedesaan Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan. (Studi Kasus Kabupaten Gayo Lues Nanggroe Aceh Darussalam).

Siswoyo, M. P. (2008). Kebijakan dan Tantangan Pelayanan Angkutan Umum. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 10(2), 171-180.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/techno.v22i1.10228

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-9096