ANALISIS RESPON DINAMIK GEDUNG BERTINGKAT TUJUH

Besty Afriandini

Abstract


Getaran yang sangat berbahaya untuk stuktur adalah getaran akibat gempa bumi karena tidak memberikan peringatan dini sebelumnya. Struktur akan mengalami resonansi pada saat getaran bumi sama dengan/mendekati frekuensi alami struktur. Menurut Nakamura, dkk (2000), indeks kerentanan dapat diidentifikasi dari frekuensi alami struktur dan amplitudo percepatan. Penelitian ini dilakukan pada Gedung struktur portal terbuka yang terdiri dari 7 lantai. Pengujian dilakukan untuk arah X (US), Y (BT), dan Z pada kolom terdekat dengan titik berat di setiap lantai dengan menggunakan 2 alat sensor, 1 alat diletakan pada kolom lantai 1 dan 1 alat mengukur getaran pada kolom di setiap lantai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi alami yang dimilliki struktur tersebut pada arah X dan Y berturut-turut adalah 1,4679 Hz dan 1,5657 Hz. Pola goyangan yang terjadi dominan pola goyangan pertama, dengan faktor amplifikasi semakin ke atas semakin besar. Indeks kerentanan tertinggi hasil analisis dan pemodelan numeris yang mengindikasikan kerusakan paling awal terjadi pada tingkat ke 2 dan 3 arah X. SNI 1726-2012 pasal 6.7.3 menyebutkan bahwa percepatan tanah puncak untuk daerah tersebut adalah 0,502 g, sementara percepatan maksimum hasil pengujian dan sebesar 0,11 g (110,9114 cm/det2), sehingga gedung ini tidak memenuhi persyaratan tersebut.


References


BSN, 2012, SNI 1726, 2012-Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Jakarta.

Hernanti, H.Y., Kristiawan, S.A., As’ad, S., 2009, Evaluasi Kerentanan Bangunan dengan Pengujian Microtremor dan Kinerja Dinamik Bangunan Terhadap Gempa Disertai Metode Rehabilitasi Bangunan Rusunawa Lubuk Buaya Padang, Magister Teknik Rehabilitasi dan Pemeliharaan Bangunan Sipil. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Nakamura, Y., Gurler, E. D., Saita, J., Rovelli, A., Donati, S., 2000. VULNERABILITY INVESTIGATION OF ROMAN COLOSSEUM USINGMICROTREMOR,Prepared for 12th WCEE 2000 in Auckland, NZ. 2660/6/A

Paz, M., 1996. Dinamika Struktur Teori dan Perhitungan. Edisi Kedua. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Priyosulistiyo, H., 2014. Analisis Dinamik Struktur, Diktat Ajar Mata Kuliah Analsis Dinamik Struktur Pascasarjana Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Suhendro, B., 2000. Analisis Dinamik Struktur I, Diktat Ajar Mata Kuliah Analsis Dinamik Struktur Pascasarjana Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan.Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta


Full Text: ##PDF##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-9096