Aplikasi Media Pembelajaran IPA Kelas 2 Berbasis Mobile

Sigit Sugiyanto, Lahan Adi Purwanto, Feri Wibowo

Abstract


ABSTRAK

Teknologi smartphone berbasis android dapat dikembangkan menjadi berbagai macam aplikasi sesuai kebutuhan penggunanya seperti aplikasi media pembelajaran pada sekolah dasar (SD). Metode pembelajaran siswa pada SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto masih menggunakan metode ceramah merupakan metode pembelajaran masih tekstual dan tidak interaktif  dengan media buku pelajaran sebagai buku panduan dalam proses pembelajaraan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas 2. Pembelajaran dalam kelas masih mengalami hambatan pada proses komunikasi antara siswa dan guru ketika menyampaikan materi ajar, Maka perlu mengembangkan metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan suatu media yang lebih interaktif dan animatif yang dapat menarik minat belajar siswa. Dengan adanya aplikasi m-learning yang lebih interaktif dan animatif dapat membantu siswa dalam belajar tidak harus menggunakan buku tetapi juga dapat belajar melalui smartphone untuk memeroleh materi belajar dapat dimana saja dan kapan saja.

Kata Kunci : Mobile, Aplikasi, Multimedia, Pembelajaran.

 

ABSTRACT

Technology smartphone based of android can be developed into various applications as needed by users such as learning media applications used in elementary school. Student learning method at elementary school of Muhammadiyah Purwokerto uses conventional lecture method which remains textual and less interactive by using textbook as a guidebook in learning process of natural science subject in the second grade. Barriers to communication process between students and teachers emerge in learning process when teacher is delivering teaching materials. Therefore, it is necessary to develop proper methods for Natural Science learning by  using more interactive and animated media that can attract students’ learning interests. With the m-learning application that is more interactive and animatic, it is expected to help students in learning so that they do not have to use a paper book for learning but they also can learn by using smartphones to obtain learning materials anywhere and anytime.

Keywords: Mobile ,Application, Multimedia, Learning.

References


Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar teori dan Pengembangannya.Yogyakarta: Andi.

Hafiz. 2008. Animations Comics Film Production Post Productions Potensi Kartundan Animasi. Retrieved. www.veegraph.com.

Kurniadi, Hary. (2011). Retrieved Agustus 17,2017.Fromhttp://www.papantulisku.com/2011/07/aktivitas-belajardan-hubungannya.html.

Merduati. 2010. Penerapan Modul Pembelajaran Pencemaran Lingkungan dengan Model Siklus Belajar 4E (The 4E Learning Cycle) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Malang I (Tesis). Tidak diterbitkan.

Susilana, Riyana. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Yusri, Robert, Carl. 2014. Teacher and Mobile Learning Perception: Toward a Conceptual Model of Mobile Learning For. Procedia Social and Behavioral Sciences, 176, 425 – 430.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/techno.v19i1.2425

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-9096