SISTEM PENCATATAN KEHADIRAN MAHASISWA DAN DOSEN SERTA PERHITUNGAN KOMPENSASI DI PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI POLITEKNIK NEGERI SEMARANG MENGGUNAKAN RFID DAN DIKIRIM MELALUI SMS GATEWAY

Adiba Kamalia Putri, Sarono Widodo, Abu Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem absensi mahasiswa menggunakan RFID reader dan RFID tag dengan menambahkan perhitungan sanksi kompensasi ketika mahasiswa terlambat atau tidak hadir dalam perkuliahan dan adanya absensi dosen. Setiap RFID reader memiliki IP Address yang berbeda namun masih dalam satu class yang sama. Pengembangan juga dilakukan dengan menambahkan informasi kepada orang tua ketika jumlah ketidakhadiran mahasiswa sudah melampaui batas yang ditentukan sehingga dapat dikenai surat peringatan 1, 2, dan 3. Mahasiswa juga akan mendapat pemberitahuan jika jumlah ketidakhadirannya sudah melampaui batas yang ditentukan. Semua pemberitahuan tersebut dikirimkan melalui SMS Gateway secara realtime. Untuk pemberitahuan jika jumlah ketidakhadirannya sudah melampaui batas juga dikirimkan melalui email kepada mahasiswa dan kaprodi. Metode pengembangan dengan menambahkan aturan perhitungan kompensasi pada program RTEvent yang digunakan. Hasil dari pembuatan sistem ini adalah tersusunnya sistem pencatatan kehadiran mahasiswa dan dosen yang sudah dilengkapi dengan perhitungan kompensasi dan adanya pemberitahuan informasi kegitan belajar mengajar kepada orang tua dan kaprodi.
Kata kunci : RFID reader, RFID tag, IP Address, pencatatan kehadiran, real time, SMS gateway

References


Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta : ANDI

Arinta, Mutiara Dewi, Husna Nirmala Rosyadi. 2014. Sistem Absensi Mahasiswa Berbasis RFID pada Prodi Teknik mTelekomunikasi Politeknik Negeri Semarang dan Terkirim Melalui SMS Gateway. Politeknik Negeri Semarang.

Kristanto, Harianto. 2004. Konsep dan Perancangan BASIS DATA. Yogyakarta: Andi

Maryono. 2005. Dasar-dasar Radio Frequency Identification (RFID) Teknologi Yang Berpengaruh di Perpustakan. Media Informasi Vol. XIV No.20.

Wahana Komputer. 2014. Mudah Membuat Aplikasi SMS Gateway dengan Codelgniter. Jakarta: Elex Media Komputindo


Full Text: ##common.PDF##

DOI: 10.30595/techno.v17i1.79

ISSN: 2579-9096