GRAMMAR DAN VOCABULARY DALAM PEMBELAJARAN READING

Bambang Suroso

Abstract


Apabila seorang pengajar bahasa Inggris mendapat tugas untuk mengajar mata kuliah readig maka di daIam kepalanya akan muncul beberapa pertanyaan, seperti apakah dia hanya meminta siswa untuk me-read aloud, menerjemahkan. Menganalisis grammar dan vocabulary dalam teks yang diberikana atau dia harus mengajar teknik membaca, seperti skimming dim scanning. Untuk menjawab ini kita harus mengetahui bahwa terdapat beberapa orientasi dalam membelajaran reading. Apa yang sering dilakukan guru pada saat sekarang ini Iebih berorientasi
pada content atau content oriented. Ini terlihat misalnya pada aktivitas di mana pembelajar diminta untuk mencari maiin idea, menggunakan teknik-teknik membaca seperti scanning, skimming. Hal itu juga terlihat pada aktivitas-aktivitas seperti pre-reading, whilst, dan post reading activities. Orieotasi lain adalah pada bahasa Inggris (language oriented) itu sendiri. Pembelajaran yang berorientasi bahasa memiliki aktivitas
inti daIam bentuk anaIisis bentuk bahasa yang digunakan dalam teks. Ini meliputi anaIisis terhadap grammar dan vocabulary.Dengan dua orientasi besar ini, apakah ini merupakan pilihan atau bias diintegrasikan. Tulisan ini bermaksud untuk memberi kerangka pikir dalam memandang mata kuIiah reading daIam konteks yang realistis.

Full Text: ##PDF##