PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM MENYIMAK PUISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI SASTRA

Isnaeni Praptanti, Karma Iswasta Eka

Abstract


Penelitian berjudul Penerapan Konsep Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Menyimak Puisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiai Sastra Mahasiswa PGSD S-1 Tahun Ajaran 2010-2011 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra melalui konsep PAKEM dalam proses pembelajaran dengan mengguanakan media kartu bergambar pada mahasiswa PGSD S-1 Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar S-1 Tahun Ajaran 2010-2011 kelas D yang berjumlah 51 mahasiswa terdiri dari 16 mahasiswa dan 35 mahasiswi. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri atas 2 jam mata kuliah (2 x 50 menit). Untuk mengetahui keadaan awal dilakukan pre test, dan data pre test digunakan sebagai dasar tindakan pada siklus I. Setelah penyampaian materi tentang puisi dengan menerapkan konsep PAKEM mengguanakan media kartu bergambar, diakhiri dengan post test silkus I. Data post test siklus I digunakan sebagai tindakan pada siklus II, diakhiri dengan analisis dan refleksi keseluruhan siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara test dan non test. Dengan cara test melalui Pre test dan Post test, sedangkan dengan cara non test melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber yang digunakan untuk mengolah data adalah skor atau dari data kuantitatif (skor penulisan puisi) dan data kualitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan apresiasi sastra mahasiswa melaluai konsep PAKEM denagn media kartu bergambar. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian, pengamatan , dan evaluasi. Setelah dilakukan tindakan, ternyata apresiasi sastra mahasiswa meningkat dalam bentuk menulis puisi. Siklus I yang tuntas belajar 52 % dan yang belum tuntas 48 % denagn nilai rata-rata 72. Pada siklus II mahasiswa yang tuntas belajar 75 % dan yang belum tuntas 20 % dengan nilai rata-rata 77. Berdasarkan uraian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep PAKEM dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan apresiasi sastra mahasiswa PGSD S-1 Tahun Ajaran 2010-2011.
Kata Kunci: pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem), puisi,
kemampuan apresiasi sastra

Full Text: ##PDF##