MEMBEDAH TINGKAT KEUNGGULAN RELATIF (ASPEK SOSIAL, EKONOMI, KEPUASAN DAN PSIKOLOGIS) DALAM PENGIRIMAN TUGAS VIA EMAIL

Laily Nurlina

Abstract


Laporan ini didasari perkembangan teknologi yang sangat pesat dan Universitas Muhamadiyah Purwokerto pun memenuhi fasilitas mahasiswa sebagai perguruan tinggi yang melek teknologi. Apakah mahasiswa UMP sudah dekat dengan internet khususnya email ? Rasa penasaran muncul karena saat ini UMP menjadi
patokan bagi guru-guru di Jawa Tengah . Apabila mahasiswanya masih gagap teknologi, bagaimana wajah guru di tahun-tahun yang akan datang ? Pengiriman tugas melalui email bukanlah hal baru, namun penulis ingin melihat sejauh mana dapat diterima oleh mahasiswa. Data diperoleh dengan metode kuesioner dari 74 mahasiswa semester 3 Universitas Muhamadiyah Purwokerto. Hasilnya dari segi ekonomi mahasiswa yang merasakan kemudahan 86,49%, segi sosial mahasiswa merasa internet memperluas sosialisasi namun terhambat karena belum menguasai teknologi 61,49% , segi kepuasan dalam mengerjakan tugas karena lebih pribadi dan tidak mungkin dicontek teman 73,65% dan segi psikologis yang paling rendah karena ada rasa was-was tugas tidak sampai di tangan dosen 37,16% . Supaya dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua mahasiswa maka dosen harus memberikan kepastian apakah tugas mahasiswa diterima atau tidak.
Key Words: perkembangan teknologi, internet, email, kepuasan ekonomi, kepuasan
sosial,kepuasan psikologis, tugas mahasiswa

Full Text: ##PDF##