ACCELERATED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SPEAKING

Lutfi Istikharoh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu keefektivitasan teknik pembelajaran Accelerated Learning dalam kelas Instructional Speaking pada mahasiswa di semester lima, tahun akademik 2008/2009, Program Studi PBI, FKIPUMP.
Penelitian ini dikemas dalam penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, dari bulan Oktober 2009 sampai bulan Maret 2010. Dua kelas Instructional Speaking digunakan sebagai kelas eksperimental dan kelas
kontrol. Pada kelas eksperimental, peneliti mengimplementasikan penggunaan teknik Accelerated Learning sedangkan kelas kontrol diampu dengan teknik konvensional dimana siswa dibebaskan untuk memilih topik yang akan dipresentasikan tanpa
arahan dosen. Penelitian ini menggunakan pre-tes dan post-tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Pre-tes diberikan kepada kedua kelas pada awal perkuliahan. Setelah mengimplimentasikan teknik Accelerated Learning untuk kelas eksperimental dan teknik konvensional untuk kelas kontrol, peneliti menguji kemampuan speaking mereka melalui post-tes. Kemudian, peneliti menghitung hasil tes tersebut menggunakan formula t-tes. Setelah menganalisis data dengan menggunakan t-tes, ditemukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik Accelerated Learning dalam kelas
Instructional Speaking adalah efektif. Keefektivitasan penggunaan Accelerated Learning dalam proses pembelajaran tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil t-tes (4.5) yang lebih tinggi dari nilai t-table (2.46).
Kata kunci: Revolusi Pembelajaran, Accelerated Learning

Full Text: ##PDF##