Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal AlphaMath mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis tentang pendidikan matematika dengan sasaran: guru/pendidik matematika di tingkat SMP dan SMA, pengamat dan peneliti matematika, pengambil kebijakan pendidikan di tingkat regional maupun nasional.

Jurnal AlphaMath merekomendasikan jenis Penelitian Tindakan Kelas, kualitatif, deskriptif, kuantitatif,  penelitian pengembangan didaktik (DDR), maupun penelitian pengembangan (R&D)

Cakupan dan lingkup penelitian meliputi: kurikulum pendidikan matematika, pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif, media pembelajaran matematika, penilaian dan evaluasi pembelajaran matematika, lesson study, kemampuan berpikir matematis, dan ICT dalam pembelajaran matematika.

Section Policies

Artikel

Editors
  • Jurnal Alphamath
  • Jurnal Nasional
  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Jurnal Alphamath

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Publication Frequency

Alphamath terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Publication Ethic

Publication ethic merupakan komitmen semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan jurnal AlphaMath, meliputi: penulis, editor, peer-reviewer, dan penerbit.

A.    Publikasi dan kepenulisan
1.    Semua naskah yang dikirim akan melalui proses blind peer review oleh minimal dua peer reviewer yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2.    Peer review meliputi proses penilaian terkait dengan seberapa besar urgensi dan kontribusi naskah terhadap kemajuan dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika, originalitas,  dan relevansi konten naskah.
3.    Kemungkinan keputusan terhadap naskah meliputi: diterima, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.
4.    Jika penulis disarankan untuk memperbaiki naskahnya dan mengirimkannya kembali, tidak ada jaminan naskah tersebut pasti diterima.
5.    Naskah yang ditolak, tidak akan ditinjau ulang.
6.    Naskah yang diterima terikat oleh persyaratan hukum yang berlaku, meliputi penceramaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.
7.    Naskah tidak dapat diterbitkan pada lebih dari satu publikasi.
8.    Jurnal Alphamath bertanggung jawab untuk menjamin kebebasan akademik para editor dan peer-reviewer untuk menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.
9.    Jurnal Alphamath bertanggung jawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual, dan hak cipta.
B.    Tanggung jawab penulis
1.    Penulis harus memastikan naskah yang dikirim merupakan hasil karyanya sendiri dengan jujur, tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
2.    Penulis harus memastikan bahwa naskah yang dikirim belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang proses publikasi di tempat lain.
3.    Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya lain yang dikutip.
4.    Penulis harus melaporkan kesalahan apapun yang ditemukan dalam naskah yang diterbitkan kepada editor.
5.    Penulis harus mengikuti peer review procces.
6.    Penulis harus menginformasikan kepada editor jika ada konflik kepentingan terkait dengan naskah yang diterbitkan.
7.    Penulis tidak berkeberatan jika naskah yang dikirimkan akan disunting tanpa merubah esesnsi dan subtansi naskah.

C.    Tanggung jawab editor
1.    Tim Editor bertanggungjawab untuk memutuskan naskah yang layak untuk dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi.
2.    Tim editor bertanggung jawab atas konten dan kualitias publikasi secara keseluruhan.
3.    Tim editor tidak berwenang untuk membatalkan keputusannya atau keputusan editor sebelumnya tanpa ada alas an yang serius.
4.    Tim editor menjaga kerahasiaan reviewer.
5.    Tim editor menerima naskah hanya berdasarkan orisinalitas, kejelasan, dan relevansi naskah dengan ruang lingkup publikasi jurnal.
6.    Tim editor harus memastikan bahwa naskah yang diterbitkan sudah sesuai dengan etika publikasi yang diterima secara internasional.
7.    Tim editor memperlakukan sama seluruh naskah yang dikirim.
8.    Tim editor berhak melakukan tindakan hukum, jika ada naskah yang terbukti melanggar etika publikasi.
9.    Dalam proses review dan pengambilan keputusan publikasi naskah, tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
10.    Tim editor menjaga kerahasiaan informasi terkait dengan naskah yang dikirimkan.
11.    Tim editor akan mengembalikan naskah yang tidak diterbitkan kepada penulisnya.
 
D.    Tanggung jawab reviewer
1.    Reviewer harus menjaga kerahasiaan informasi terkait dengan naskah yang direviewnya.
2.    Reviewer harus menjaga kebebasanya dari penulis.
3.    Reviewer harus menjada objektivitas dalam memberikan masukan, saran, dan komentar pada setiap naskah yang direviewnya.
4.    Reviewer bebaas dalam mengekspresikan padangan mereka secara jelas dengan argument yang mendukung.
5.    Reviewer berhak meninta editor in chef untuk memperhatikan kesamaan naskah yang sedang direview dengan naskah lain.
6.    Reviewer tidak diperkenankan untuk meninjau ulang naskah yang memiliki konflik kepentingan akibat hubungan tertentu dengan penulis, instansi, atau perusahaan yang terhubung dengan penulis.

Peer Review Process

AlphaMath merupakan jurnal online yang diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Naskah yang dikirim akan melalui proses peer review sebagai berikut.

  1. Naskah di submit melalui ojs http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/about/submissions
  2. Editor in chef akan menerima naskah tersebut, kemudian mendistribusikan kepada editor. Editor akan memeriksa apakah naskah tersebut sudah sesuai dengan template, fokus dan ruang lingkup jurnal, metode yang digunakan, dan pengecekan plagiasi. Jika sudah sesuai, editor akan mengirimkan naskah tersebut kepada peer-reviewer. Jika tidak sesuai, akan dikembalikan kepada penulis.
  3. Naskah yang dikirim akan mengalami proses blind-review oleh minimal dua orang peer reviewer yang sesuai dengan bidang keahliannya. Peer-review ini merupakan proses untuk menentukan seberapa besar urgensi dan kontribusi naskah terhadap kemajuan dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika. Selain itu, juga akan ditentukan originalitas dan relevansi konten naskah. Komentar dari peer-reviewer akan dikirim ke penulis baik melaui system pada ojs ataupun langsung pada naskah.
  4. Editor akan membantu menginfomasikan komentar peer-reviewer kepada penulis paling lambat 1 bulan setelah peereviwer memberikan komentarnya. Editor juga akan memberikan pemberitahuan kepada penulis melalui email.
  5. Penulis diberikan kesempatan untuk memperbaikai naskah atau memberikan tanggapan terkait dengan komentar peer reviewer paling lambat 2 minggu setelah naskah tersebut diterima oleh penulis.
  6. Keputusan akhir penerimaan naskah ditentukan oleh editor sesuai dengan komentar peer-reviewer.
  7. Pendeteksian plagiarisme dilakukan dengan aplikasi ithenticate.com (Web Checker) dan grammarly.
  8. Semua artikel diterbitkan open acces dan gratis.
  9. Kami sebagai tim pengelola jurnal berkomitmen untuk menjaga kualitas jurnal AlphaMath.

Scientific Statement

Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Alphamath merupakan artikel hasil penelitian maupun hasil pemikiran tentang pendidikan matematika yang ditulis mengikuti kode etik dalam publikasi ilmiah. Tiga kode etik tersebut meliputi: 1) netralitas, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi ; 2) keadilan, yakni memberikan hak kepenulisan kepada yang berhak sebagai penulis; dan 3) kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi. Artikel yang diterbitkan mengikuti prosedur tertentu untuk memastikan bahwa kualitasnya terjaga dengan baik.

ISSN: 2549-9084