PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Masda Satria Kurniawan, Okto Wijayanti, Santhy Hawanti

Abstract


Abstrak. Penelitian problematika dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah SD N Kaliurip perlu dilakukan karena banyak problematika yang dihadapi guru pada saat ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas I, 1 orang guru kelas II, dan 1 orang guru kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru adalah peserta didik kelas rendah masih kesulitan dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Guru memiliki beberapa strategi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis). Guru melakukan pendekatan langsung kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, dengan cara membimbing apabila ada peserta didik yang kesulitan dalam membaca atau menulis sampai peserta didik tersebut lancar. Guru membiasakan peserta didik untuk membaca di manapun dan kapanpun, misalnya di kantin membaca kemasan jajan, di tempat umum, di tempat parkir, dan di halaman sekolah. Peserta didik yang kesulitan menulis akan dibimbing dengan cara menyalin tulisan di papan tulis, dan yang ada di buku pelajaran. Peserta didik yang kesulitan menyimak atau kurang memperhatikan akan langsung dipanggil oleh guru untuk maju ke depan. Peserta didik yang kesulitan berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar akan dibiasakan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Keywords


Problematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi

References


Atmazaki. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. ISLA.Hal 16

Efendi, Dkk. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa di Kelas I SD N Mire. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol (5). N0 (2). Hal 53.

Halijah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi. Vol (1). No (3). Hal 326.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol (2). No (1). Hal 90-91.

Puspidalia, YS. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI dan Alternatif Pemecahanya. Jurnal Cendekia. Vol (10). No (1). Hal 124.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wijayani, A. (2014). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.