Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03

Kurnia Dwi Setyaningsih, Karma Iswasta Eka, Badarudin Badarudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SDN Karangrena 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua atau wali murid. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: 1) Pembelajaran jarak jauh di SDN Karangrena 03 dilaksanakan menggunakan metode daring dan luring, strategi yang diterapkan oleh guru yaitu menggunakan teknologi dengan media PJJ melalui Whatsapp group. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu guru mempersiapkan perencanaan yang matang dalam melaksanakan PJJ, adanya dukungan fasilitas internet dari sekolah, dan guru serta orang tua dapat memanfaatkan teknologi untuk komunikasi tanpa adanya kendala waktu. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu sebagian besar orang tua tidak bisa selalu mendampingi peserta didik dalam belajar karena memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, tugas yang diberikan guru memerlukan penjelasan lebih, dan motivasi belajar peserta didik menjadi menurun.


Keywords


Pembelajaran jarak jauh, Pendukung, Penghambat

References


Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2): 308-318.

Daryanto & S. Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru dengan Orang Tua dalam Pembelajaran Online di Era Covid 19 di MI Azizan Palembang. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 54-64.

Dinas P dan K. (2020). Surat Edaran dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap No. 471 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah bagi Siswa PAUD Formal dan Nonformal, SD dan SMP Negeri/ Swasta. Cilacap. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinas P dan K. (2020). Surat Edaran No. 443 Tentang Kegiatan Belajar dari Rumah dan Penerimaan Rapor Peserta Didik Tahun Pembelajaran 2019/2020 pada Satuan Pendidikan SD dan SMP Kabupaten Cilacap. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19). Kementriann Pendidikan dan Kebudayaan.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107-115.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif, 2(1), 28-37.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak jauh di Yayasan Trampil Indonesia. Jurnal Scriptura, 5(2), 1-18.

Yerusalem, M. R., A. F. Rochim., K. T. Martono. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481-492.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Guru Berbagi “Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah di Lereng Merbabu”, diakses melalui https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/strategi-pjj-sekolah-di-lereng-merbabu/, diakses pada tanggal 12 Agustus 2020, pukul 10.15 WIB.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660