Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar

Nur Aula Setyowati, Sari Yustiana, Nuhyal Ulia

Abstract


Penelitian berfokus kepada pengembangan sebuah buku pedoman sebagai pendamping buku guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Kurangnya ketersediaan buku pendamping membuat guru mengalami kesulitan dalam  mengajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan buku membaca permulaan berbasis metode global serta untuk mengetahui kelayakan buku membaca permulaan berbasis metode global sebagai buku pendamping guru kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan oleh penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, vaidasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Muktiharjo Lor, SDN 02 Tlogoharum dan MI Yayasan Silahul Ulum. Pada tahap uji validasi diperoleh hasil 0,78333 dengan kategori Valid. Pada tahap respon guru dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 84,6% dengan kategori sangat baik. pada tahap respon siswa dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 79% dengan kategori baik dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 menunjukkan produk buku efektif digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Lancar membaca, Metode global, Buku pendamping

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Arumdini,A., Winoto, Y., Anwar, R.K. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Baca Anak. Jurnal Kajian Infomasi & Perpustakaan, Vol 4(2).171-178. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/8430

Basaran, M. (2013). Reading Fluency as an Indicator of Reading Comprehension. Journal of Educational Science: Theory & Ptctice–13(4).2287-2290. https://eric.ed.gov/?id=EJ1027694

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dieni, N.L. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Pada Siswa Kelas I SD Negeri Kapukanda. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/468/433

Hawa, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran.

Kusumadewi, R.F., Cahyaningtyas, A.P., Irianti, C.D. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan. Vol 11(1). 33-42. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2607

Kusna, S.L. (2019). Buku Pendamping Untuk Pendidik PAUD Dalam Mengenlkan Kearifan Lokal Bojonegoro. Vol 4(1). http://ejournal.sunangiri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/215

Marliani, N., Hasanuddin., Nurmaliah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SCIENCE, TEHCNOLOGI, SOCIETY, ENVIRONMENT (STSE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Mas Jeumala’amal. Jurnl Edubio Tropika. Vol 5(1).1-53. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/download/7146/5860

Sitepu, B.P (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Dan Alat Peraga. Bandung: Alfabeta

Wahyudin, D., dkk. (2014). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660