PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAN (PADA PERUSAHAAN PROPERTY AND REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI)

FEBI TRIYONO, Edi Joko Setyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance, yang terdiri dari kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, ukuran komite audit, dan kualitas audit serta pernyataan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive random sampling dengan properti dan perusahaan real estate yang terdaftar di Bursa saham Indonesia pada laporan tahunan 2009-2012. Dari hasil F-test menunjukkan bahwa mekanisme corporate governance dan laporan CSR secara bersamaan mempengaruhii secara signifikan terhadap nilai perusahaan. menggunakan t-test menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kualitas audit dipengaruhi secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan komisaris independen papan, komite audit, dan pernyataan CSR tidak terpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: mekanisme Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial,dewan komisaris, Ukuran Komite Audit, Kualitas Audit.

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/kompartemen.v13i1.1392

ISSN: 2579-8928