ANALISIS PENGARUH BEBAN KENDARAAN TERHADAP ANGKA AMAN KELONGSORAN TEBING PADA JALAN RAYA PATIKRAJA- BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.30595/civeng.v4i1.16611Abstract
Undang – Undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana (Republik Indonesia, 2007), mendefinisikan bencana sebagai peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan menggangu kehidupan dan penghidupan masyarakat.Yang dapat menyebabkan korban jiwa,kerugian harta benda dan lain-lain.Ruas jalan Patikraja – Banyumas merupakan jalan provinsi,terdapat lereng terjal yang berpotensi terjadinya kelongsoran,untuk itu diperlukan penelitian guna meminimalisasi terjadinya bencana tanah longsor pada ruas Jalan Patikraja – Banyumas.Penelitian ini menggunakan analisis dengan program softwere (Geostudio).Kemudian input data meliputi data tanah,dan data beban kendaraan.Hasil analisis menggunakan program softwere (Geostudio), serta membuat penanganan menggunakan perkuatan pile atau tiang pancang, dapat disimpulkan akibat berat kendaraan sebesar 2203,9605 KN/m didapat Faktor Keamanan (Factor of Safety) sebesar FS = 1,046, lereng dinyatakan tidak aman. Sedangkan dengan perkuatan pile atau tiang pancang diperoleh angka aman sebesar FS = 1,944, lereng dinyatakan aman.
References
[1] Apriyono, A. (2016) Laporan Analisis Stabilitas Lereng pada Jalan Gunung Tugel Patikraja Banyumas, Laboratorium Mekanika Tanah UNSOED:Purwokerto.
[2] BNPB. (2012). Waspada Masyarakat pada Bencana Angin Puting Beliung dan Banjir. Majalah GEMA BNPB Vol 3 No 3.
[3] Nugroho, S.P. (2016). Evalusi Penanggulangan Bencana 2015 dan Prediksi Bencana 2016. Jakarta: BNPB.
[4] Nurfitrianty P Haninda, (2014), Aplikasi Software Geostudio Slope/W 2007 Untuk Analisis Penyebab Kelongsoran Di Perumahan Royal Sigura – Gura Malang, Universitas Brawijaya, Malang.
[5] Widodo, P.B. (2012) Musim Hujan, 78 Desa di Wilayah Banyumas Rawan Terkena Longsor, http://jateng.tribunnews.com/2014/11/02 /musim-hujan-78-desa-di-banyumasrawan-terkena-longsor.
Downloads
Published
Issue
Section
License

CIVeng : Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.