STUDI KEEFEKTIFAN SISTEM DRAINASE ANTARA BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU DELI SERDANG DAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL BANYUWANGI

Authors

  • Hani Nabilah Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara Politeknik Penerbangan Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30595/civeng.v4i2.16991

Abstract

Bandar udara merupakan komponen penting dalam pelayanan transportasi udara. Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang dan Bandar Udara Internasional Banyuwangi sama sama memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang pariwisata serta kedua bandara tersebut adalah bandar udara yang tergolong memiliki fasilitas yang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem drainase pada dua Bandar Udara, yaitu pada Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang dan Bandar Udara Internasional Banyuwangi serta mengetahui apa saja permasalahan pada sistem drainase pada kedua bandara tersebut serta solusinya. Metode penulisan pada penelitian ini ialah menggunakan metode studi literatur dimana. Penelitian ini melakukan penelitian pada 21 saluran dan didapatkan bahwa 4 saluran tidak dapat menampung debit rancangan. Hasil dari penelitian ini ialah debit rencana pada Bandar Udara Internasional Kualanamu adalah sebesar 80,182 /det, yang memiliki water pounding 3 dengan kapasitas 191.000 . Sedangkan hasil debit rencana saluran eksisting pada Bandar Udara Internasional Banyuwangi sebesar 4,1309 /s. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua Bandar Udara tersebut memiliki saluran eksisting yang baik tetapi pada Bandar Udara Internasional Kualanamu sudah dievaluasi bahwa bandara tersebut memenuhi persyaratan dan aman, pada bandar udara tersebut juga disimpulkan bahwa kemungkinan terjadinya luapan pada daerah sisi udara atau airside sangat kecil untuk terjadinya luapan. Sedangan pada Bandar Udara Internasional Banyuwangi tidak semua saluran yang berada pada bandara tersebut tidak dapat menampung suatu debit air dengan waktu 5 tahun.

References

[1] Sutrisno,w. Analisis Drainase Bandar Udara Muara Bungo Jambi. RENOVASI : Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 1 (1), 22-32. Available from: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/article/view/1355

[2] DINAS PEKERJAAN UMUM PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KULON PROGO. Metode Pengendalian Banjir. 2022 [cited 2023 Feb 17].

Available from : https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/663/metode-pengendalian-banjir.

[3] Dicky Almahera, Aniash Lukman, Rumilla Harahap. EVALUASI SISTEM DRAINASE AREA SISI UDARA (AIR SIDE) BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU DELI SERDANG [Internet]. 2020.

Available from : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2321/1561.

[4] Allan James, Harden, John J.Clague. Geomorphology of Human Impacts, Climate Change, and Natural Hazards; Vol.13 Treatise on Geomorphology. 2013 [Internet].

Available from : https://www.researchgate.net/publication/280949224_Geomorphology_of_Human_Impacts_Climate_Change_and_Natural_Hazards_Vol13_Treatise_on_Geomorphology.

[5] A.A. Kafi, Y. Heriyanto, S. Darsono, D. Kurniani. PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA PENGEMBANGAN BANDARA AHMAD YANI SEMARANG [Internet]. 2018

Available from : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/19350.

Downloads

Published

2023-08-31