ANALISIS ALOKASI AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI TAPUNG KANAN

Yuni Meyliska, Manyuk Fauzi, Yohanna Lilis Handayani

Abstract


Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapung Kanan merupakan bagian Sub DAS dari DAS Siak yang terdapat pada Wilayah Sungai Siak, yang mana merupakan salah satu DAS dengan kondisi kritis dan memerlukan prioritas penanganan. Hal ini dikarenakan pemanfaatan sumber daya air yang tidak terkendali sehingga menyebabkan ketersedian air cenderung berkurang dan kualitas air menurun. Akibat dari permasalahan ini, maka diperlukan pengelolaan dan pengalokasian air untuk menyediakan dan merealisasikan kebutuhan air untuk para pengguna air. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk, menganalisis potensi ketersediaan air pada DAS Tapung Kanan, menganalisis kesetimbangan antara potensi ketersediaan air dan kebutuhan air (neraca air) pada DAS Tapung Kanan, dan melakukan alokasi air pada DAS Tapung Kanan dengan prioritas pemanfaatan air berdasarkan rekomendasi teknis dari instansi terkait. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis. Metode analisis ketersediaan air yang digunakan yaitu metode regional. Analisis neraca air dilakukan pada 3 asumsi skenario, meliputi musim kering, musim normal, dan musim basah. Hasil dari penelitian ini yaitu setiap node DAS Tapung Kanan menunjukkan kondisi neraca air surplus pada rencana alokasi air yang akan digunakan berdasarkan prakiraan sifat musim hujan 2022/2023 yang dikeluarkan oleh BMKG yaitu skenario musim normal. Pada musim kering terdapat beberapa node yang mengalami defisit, maka besar air yang dialokasikan perlu dikurangi atau mengatur faktor k.


References


[1] Asdak, C. 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

[2] Badan Informasi Geospasial. 2022. DEMNAS. https://tanahair.indonesia.go.id/demnas/#/demnas

[3] Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. 2022. Prakiraan Musim Hujan 2022/2023 di Indonesia.

[4] Kementrian Pekerjaan Umum. Standar Perencanaan Irigasi. Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama (KP-02). 2013.

[5] Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 424/KPTS/M/2013 tentang Pola Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Siak.

[6] Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor P. 39/Menhut-II/2009 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu

[7] Tim Rekomtek Balai Wilayah Sungai Sumatera III. 2022. Rekomendasi Teknis Pemanfaatan Sumber Daya Air.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/civeng.v5i1.17117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8413