MENGIDENTIFIKASI FAKTOR KENDALA PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

irfauji firman hidayat

Abstract


Pelaksanaan proyek konstruksi merupakan suatu pekerjaan yang unik, karena merupakan suatu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan di mana ada awal dan akhir untuk mencapai tujuan tertentu dengan biaya, waktu, dan kualitas yang ditentukan. Pelaksanan proyek konstruksi tetap terdapat kendala yang bagaimanapun tidak dapat dihilangkan tetapi dapat diminimalkan dan dilakukan tindakan untuk menyelesaikan kendala yang terjadi. Dalam buku panduan PMBOK terdapat 6 (enam) kendala dalam manajemen proyek konstruksi, yaitu biaya, waktu, lingkup pekerjaan, resiko, kualitas, dan sumber daya. Kendala-kendala tersebut harus dapat di manajemen dengan baik untuk memperoleh hasil pelaksanaan proyek konstruksi sesuai perencanaan. Penelitian dilaksanakan pada salah satu proyek pembangunan gedung bertingkat di Purwokerto. Data penelitian didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dari kontraktor pelaksana, pengawas, mandor dan subkontraktor. Sebelum dilakukan analisis, kuesioner diuji validitasnya dengan korelasi Pearson Product-Moment dan reliabilitasnya dengan metode Alpha Cronbach. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan Analisis Faktor menggunakan software SPSS. Hasil penelitian terbentuk 3 faktor, yaitu faktor I memiliki Precent of Variance 46,812%, faktor II 13,890%, faktor III 11,691%. Faktor I memiliki Precent of Variance terbesar 46,812% menjadikan faktor dominan


References


[1] R. Putra Agritama et al., “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Proyek Konstruksi di Surabaya,” 2018.

[2] M. Natalia, Z. Mirani, Y. Partawijaya, M. Misriani, S. Pengajar Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, and K. Limau Manis, “Faktor Penyebab Kegagalan Akibat Keterlambatan Proyek Konstruksi Pada Bangunan Gedung di Kota Padang,” Edisi Oktober, 2018.

[3] “Agsarini, Irmia, 2015. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Proyek Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, 2015. Tersedia di: https://repository.its.ac.id/62889/1/3113203002-Master%20Thesis.pdf.”


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/civeng.v5i1.20607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8413