Analisis Lendutan pada Struktur Pelat Lantai Jembatan Tajum Karang Bawang Banyumas

Authors

  • Putri Nabiilah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Amris Azizi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Mukti Agung Wibowo Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/civeng.v6i1.23634

Abstract

Jembatan merupakan suatu konstruksi yang memiliki fungsi untuk meneruskan jalan dengan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah dibawahnya untuk menghubungkan wilayah satu dengan yang lainnya. Salah satu elemen pada struktur jembatan adalah pelat lantai yang berfungsi mendukung beban hidup maupun beban mati kemudian di teruskan ke struktur bawah jembatan. Masalah utama yang terdapat pada pelat lantai jembatan adalah lendutan, jika tidak di perhitungkan dengan baik maka lendutan pada sebuah struktur jembatan akan melebihi batas toleransi yang diijinkan. Hal tersebut dapat menyebabkan keretakan yang melebihi batas izin dan tidak aman bagi pengguna jalan. Jembatan Tajum Karang Bawang Banyumas adalah jembatan yang berlokasi di Jalan Nasional Ajibarang – Wangon, Desa Pancasan Karang Bawang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang dibangun pada bulan desember 2022 hingga bulan november 2023. Jembatan ini memiliki panjang 130 m dan lebar 10 m. Penelitian ini bertujuan menganalisis lendutan pada struktur pelat lantai jembatan yang mengacu pada SNI 1725-2016. Analisis menggunakan SAP2000. Hasil penelitian menunjukan lendutan sebesar 20,483 mm lebih kecil dari lendutan izin maksimum yang di perbolehkan sebesar 280 mm. Hasil analisis lendutan tersebut dinyatakan aman.

Author Biographies

Amris Azizi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Google Scholar: X6jZ6-wAAAAJ

Sinta ID: 6662075

Mukti Agung Wibowo, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Google Scholar : C8KdywkAAAAJ

Sinta ID : 6803443

References

[1] Munawir, dkk “, 2023, Pengaruh Ketebalan Pelat Terhadap Ketahanan Struktur Lantai Jembatan Alue Pange” Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Pendidikan Tinggi Melalui Dudi Melalui Merdeka Belajar, vol.4 no.1.

[2] RSNI T-12-2004 Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan. Jakarta: Balai Standardisasi Nasional Indonesia

[3] SNI 1725:2016 Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: Balai Standarisasi Nasional Indonesia

[4] SNI 2847:2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta: Balai Standardisasi Nasional Indonesia

[5] Supriyadi dan Muntohar, 2017. Jembatan. Yogyakarta : Beta Offset Kavling Madukismo 28.

Downloads

Published

2025-01-31