PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Authors

  • Mustolikh Mustolikh Pendidikan Geografi-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sakinah Fathrunnadi Shalihati Pendidikan Geografi-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi – FKIP – Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2013-2014, sejumlah 31 mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, langsung dan berbentuk skala bertingkat. Angket digunakan untuk mengungkap data pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Statistik “t” atau t-tes. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah. Simpulan ini didasarkan pada hasil analisis data yang menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar antara pola asuh orang tua demokratis dengan otoriter. Hasil perhitungan (t-hitung) lebih besar daripada t-tabel, yaitu – 2,201 < 4,433 > 2,201, hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis mempunyai pengaruh lebih baik terhadap motivasi belajar dibandingkan dengan pola asuh otoriter. Kata-kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar Mahasiswa.

Downloads

Issue

Section

GEO EDUKASI