PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (a) menghasilkan multimedia pembelajaran geografi yang mengintegrasikan dan membentuk karakter siswa yang terkait dengan nilai tanggung jawab, tangguh, cerdas, dan peduli, dan (b) mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia pembelajaran geografi tersebut untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri atas: analisis kebutuhan, desain pengembangan, pengembangan multimedia, dan validasi/evaluasi produk. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, lembar tes hasil belajar, angket karakter siswa dan lembar jawaban dilema moral. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji analisis one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan hal berikut ini: (a) Multimedia pembelajaran geografi berbasis pendidikan karakter hasil pengembangan dinilai layak dengan kriteria “baik” (4,21). (b) Multimedia pembelajaran geografi berbasis pendidikan karakter layak dan efektif dipergunakan dalam meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan skor rerata siswa pada saat pre test dan post test yaitu sebesar 8,67 dengan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 53,3%. Pada aspek karakter, peningkatan skor rerata siswa pada saat pre test dan post test untuk nilai tanggung jawab adalah sebesar 0,73, nilai tangguh sebesar 3,4, nilai cerdas sebesar 3,2, dan nilai peduli sebesar 4,27. Melalui tes dilema moral, diketahui bahwa multimedia pembelajaran geografi efektif dalam meningkatkan perkembangan moral siswa. Untuk nilai tanggung jawab, rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 2, nilai tangguh rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat II tahap 3, nilai cerdas rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 2, nilai peduli lingkungan rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat I tahap 1, dan peduli sosial rata-rata siswa berada pada perkembangan moral tingkat II tahap 3. Kata-kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Pembelajaran Geografi, Pendidikan Karakter.References
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia interaktif dengan flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azhar Arsyad. (1997). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Benninga, J.S., Berkowitz Marvin W., Kuehn Phyllis., Smith Karen. (2003). The relationship of character education implementation and academic achievement in elementary school [Versi electronik]. Journal of research in character education I (1) 2003, pp.19-32.
Berkowitz, Marvin W. & Bier, Melinda C. (2005).What works in character education: a research-driven guide for educators. The Procter & Gamble Company, and John E. & Frances G. Paper University of Misoury- St. Louis.
Borg, Walter.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: an introduction. (4rd ed.). New York: Longman.inc.
____, (2007). Educational research: an introduction. (8rd ed.). New York: Pearson.inc
Budi Sutedjo Dharma Oetomo. (2002). E-education: konsep, teknologi dan aplikasi internet pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Caldwell, R. M. (1980). Improving learning strategis with computer-based education. Teori into practice, Volume XIX, No: 2, 141-143. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00405848009542888
Darmiyati Zuchdi. (2010). Humanisasi pendidikan, menemukan kembali pendidikan yang manusiawi (edisi ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.
_____ (Eds.). (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dick, W., Carey, L., & Carey, James O. (2005). The systematic design of instruction (4rd ed.). New York: Harper- Collins.
Doni Koesoema, A. (2010). Pendidikan karakter, strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Gramedia.
Elkind, David H. & Sweet, Freddy. (Sept/Oct 2004). How to do character education. Artikel. Diambil pada tanggal 10 Nopember 2011 dari: http://www.wilderdom.com/Character.html.
Kohlberg, Lawrence. (1995). Tahap-tahap perkembangan moral (Terjemahan John de Santo & Agus Cremers SVD). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for character. How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Lickona, Thomas,. E. Schaps & C. Lewis. (2010). Eleven principles of effective character education. (Rev. ed.). Washington, D.C: Character Education Partnership.
Mukminan. (2006). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Nucci, Larry P. Narvaez, Darcia. (2008). Handbook of moral and character education. Rotledge: New York and London.
Nursid Sumaatmadja. (1988). Studi geografi: suatu pendekatan dan analisa keruangan. Bandung: Alumni.
Paul Suparno, dkk. (2002). Pendidikan budi pekerti di sekolah- suatu tinjauan umum. Yogyakarta: Kanisius.
Pusat Kurikulum. (2010). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta, Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter: Berdasarkan pengalaman di satuan pendidikan rintisan. Jakarta, Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Saifuddin Azwar. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Smaldino Sharon E, Deborah L Lowther, & James D Russel. (2011). Instructional technology and media for learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar . (terjemahan arif rahman). pearson prentice hall. (buku asli diterbitkan Tahun 2008).
Stedje, Lauree Beth. (2010). Nuts and bolts of character education. Oklahoma: Character First.
Stevenson, N. (2006). Young person’s character education handbook. United States of Amerika: JIST.
Uno, Hamzah. B & Lamateggo, Nina. (2011). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara