KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER ISLAMI

Authors

  • Mustolikh Mustolikh Dosen Pendidikan Geografi – FKIP – UMP Purwokerto

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa calon guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter Islami. Dalam penelitian tindakan kelas ini, teknik pengumpulan data menggunakan : (1) penilaian produk , (2) wawancara , dan (3) observasi. Penelitian dikatakan berhasil jika, kelayakan produk dan penyajian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter Islami rata-rata skor 80, serta menguatnya nilai-nilai karakter Islami yang bersifat stabil melekat dalam diri mahasiswa minimal 6. Simpulan hasil penelitian, bahwa team teaching dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter Islami. Kata-kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, rencana pelaksanaan pembelajaran, karakter Islami.

References

Al Banna, Hasan. Sepuluh Karakter Muslim/Muslimah Sejati. Sumber: http://nyantri. abatasa.com/post/detail/5323/10-karakter-muslimmuslimah-sejati

Anwar, Syamsul, dkk (2006). Fikih Antikorupsi Perspektif Ulama Muhammadiyah. Jakarta: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP).

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Mahfud MD, Mohammad. (2012). Peran Strategis Pendidikan Sebagai Basis Membangun Karakter Bangsa. sumber: http://edukasi.kompas.com/read/ 2012/ 08/24/10364448/Pendidikan.Jangan.Lagi.Sekadar.Cari.Ijazah.dan.Gelar

Suharyono. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Tim Pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang.

Zaini, Hisyam dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijag

Downloads

Issue

Section

GEO EDUKASI