KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER ISLAMI
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa calon guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter Islami. Dalam penelitian tindakan kelas ini, teknik pengumpulan data menggunakan : (1) penilaian produk , (2) wawancara , dan (3) observasi. Penelitian dikatakan berhasil jika, kelayakan produk dan penyajian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter Islami rata-rata skor 80, serta menguatnya nilai-nilai karakter Islami yang bersifat stabil melekat dalam diri mahasiswa minimal 6. Simpulan hasil penelitian, bahwa team teaching dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter Islami. Kata-kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, rencana pelaksanaan pembelajaran, karakter Islami.References
Al Banna, Hasan. Sepuluh Karakter Muslim/Muslimah Sejati. Sumber: http://nyantri. abatasa.com/post/detail/5323/10-karakter-muslimmuslimah-sejati
Anwar, Syamsul, dkk (2006). Fikih Antikorupsi Perspektif Ulama Muhammadiyah. Jakarta: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP).
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.
Mahfud MD, Mohammad. (2012). Peran Strategis Pendidikan Sebagai Basis Membangun Karakter Bangsa. sumber: http://edukasi.kompas.com/read/ 2012/ 08/24/10364448/Pendidikan.Jangan.Lagi.Sekadar.Cari.Ijazah.dan.Gelar
Suharyono. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Tim Pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang.
Zaini, Hisyam dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijag