PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BONEKA DARI KAOS KAKI UNTUK PEMBELAJARAN BERKARAKTER DI TK
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v1i1.1031Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru TK Gugus Kartini Kecamatan Purwokerto Utara tentang pendidikan karakter di TK, 2) Melatih guru-guru TK Gugus Kartini Kecamatan Purwokerto Utara membuat media boneka dari kaos kaki untuk pendidikan karakter di TK. 3) Melatih guru TK Gugus Kartini Kecamatan Purwokerto Utara menyusun skenario cerita, 4) Melatih guru TK gugus Kartini Kecamatan Purwokerto Utara praktek bercerita dengan media boneka. Metode kegiatan yang adalah : 1) pelatihan tentang pendidikan karakter di TK, 2) pelatihan pembuatan media boneka dari kaos kaki, 3) pelatihan penyusunan skenario cerita. 4) Pelatihan metode bercerita dengan media boneka. Luaran yang sudah dihasilkan adalah : 1) peningkatan pemahaman tentang pendidikan karakter di TK. 2) Peningkatan kemampuan guru dalam membuat media boneka dari kaos kaki, 3) Skenario cerita yang bermuatan karakter, 4) peningkatan keterampilan bercerita dengan media boneka Kata kunci : Pelatihan, media, boneka, kaos kaki, pendidikan berkarakterReferences
Djuko, R.U., (2013). “Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di Paud Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo”. Ejournal FIP UNG, 4, 1 hlm.671-681
Dwijiastuti. (2007). Media dan Media APE dan Sumber Belajar TK. Surakarta : UNS Press.
http://id.wikipedia.org/wiki/Boneka
Ibrahim, R, (2005), Perencanaan Pengajaran, Bandung : Rineka Cipta
Na’imah, T., (2014), “Internalisasi Karakter Sosial Melalui Budaya Sekolah”, Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UMP, tanggal 6 September 2014, hal 206-212.
Santoso, S., (2002). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Yoddie Y. I. Babuta dan Wahyurini, D., (2014), “Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun”. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 3, 1, halm 2337-3520.
Yuwanto, L, “Model Belajar dari Karakter Punakawan”, artikel dalam http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/53/Model-Belajar-dari-Karakter-Punakawan.html. Diakses 18 Oktober 2014.
Zaman, B,. (2008). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.