Pembuatan Rangkaian Elektronika yang Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari bagi Pelajar Kelas XII

Authors

  • Jumingin Jumingin Universitas PGRI Palembang
  • Atina Atina Universitas PGRI Palembang
  • Parmin Lumban Toruan Universitas PGRI Palembang
  • Gelen Pranata Universitas PGRI Palembang
  • Heru Prasetio Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.10433

Keywords:

Rangkaian Elektronika, Tulung Selapan, Kelistrikan

Abstract

Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran di Sekolah khususnya mata pelajaran fisika akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa dan siswi adalah dengan menggunakan media pembelajaran atau praktek langsung sesuai dengan tema yang terkait. Pada pokok bahasan kelistrikan, siswa akan lebih tertarik dan mudah memahami materi dengan langsung praktek membuat rangkaian elektronika tertentu. Sebagai contoh rangkaian pengusir nyamuk, flip-flop, strobo kendaraan bermotor, pendeteksi kebocoran gas dan sebagainya. Tentunya rangkaian/alat-alat yang dihasilkan mempunyai harga ekonomi yang sangat baik.  PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan rangkaian elektronika sederhana yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir pada 8 Desember 2020. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan.  Peserta kegiatan berjumlah 55 orang siswa kelas XII. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias karena dapat langsung mengenal komponen-komponen elektronika yang selama ini dipalajari secara teori. Selain itu, kerinduan akan pembelajaran tatap muka juga menjadi penyemangat dalam kegiatan ini. Hal ini karena kegiatan tatap muka di sekolah ditiadakan selama beberapa waktu akibat pandemic COVID-19. Namun pada kegiatan ini, peserta dapat mengikuti secara langsung tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan PKM ini dinilai sangat baik dan tepat oleh para siswa untuk memahami materi dan dapat memberikan nilai ekonomis di masyarakat.

References

Abdullah, M. (2017). Fisika Dasar II. Institut Teknologi Bandung. Indonesia.

Dosinaeng, W. B. N., Djong, K. D., Leton, S. I., Lakapu, M., Jagom, Y.O., & Uskono, I. V. (2020). Pendalaman Konsep Geometri dan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Kota Soe. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 619-627.

Ellianawati & Subali, B. (2010). Penerapan Model Praktikum Problem Solving Laboratory sebagai Upaya untuk Memperbaiki Kualitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 90-97.

Hartati, B. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan BerPikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 128-132.

Kusuma, A. C., Sulistyani, A. M., & Trisnawati, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Membuat Alat Peraga Matematika Pada Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 715-722.

Lia, Linda. (2015). Multimedia Interaktif sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran dalam Bidang Pendidikan Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132-140.

Setiawan, Agung., Sutarto, Indrawati. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA : Studi pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 285-290.

Sudjana, N. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Surjono, H. D. (2011). Elektronika: Teori dan Penerapan. Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta. Indonesia.

Untara, Ketut Alit Adi. (2017). Penggunaan Komponen Elektronika dari Barang Bekas Berbantuan Simulator Livewire dengan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 5(3), 46-50.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Jumingin, J., Atina, A., Toruan, P. L., Pranata, G., & Prasetio, H. (2022). Pembuatan Rangkaian Elektronika yang Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari bagi Pelajar Kelas XII. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 377–382. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.10433