Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah kurangnya kemampuan para guru dalam menggunakan program power point Microsoft sebagai media pembelajaran di kelas. Oleh Program ini bertujuan untuk memotivasi guru sekolah dasar agar memiliki keinginan untuk menggunakan program Microsoft Power point, meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam penggunaan teknologi berbasis media dan meningkatkan kreativitas para guru dalam memproduksi model media interaktif yang menggunakan program Power point. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, praktek langsung/simulasi dengan pendampingan. Kelompok sasaran adalah guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Laweyan yang berjumlah 70 guru. Hasil dari pelatihan ini adalah,meningkatnya kemampuan para guru dalam menggunakan Microsoft power point untuk digunakan sebagai media pembelajaran. adapaun persentase kemampuannya adalah sebagai berikut : 80% guru sudah memiliki kemampuan mengoperasikan program power point seperti, membuat dokumen baru, mempresentasikan dokumen, menutup dan menyimpan dokumen. 78% guru juga dapat memasukkan gambar dan video pada slide dokumen untuk disajikan serta 73.75 % guru sudah mampu menambah animasi dan suara pada program powerpoint
Keywords
References
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Muharoma, Y.P., & Wulandari D., (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal. 3, (2).
Muhson, A., K. Baroroh dan Mustofa. (2012). Pembuatan media pembelajaran interaktif dengan microsoft power point. (Online). (http://ejournal.unesa.ac.id/inde x.php/bioedu. Diakses tgl 31 Juli 2018.
Mulyawan, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Microsoft Powerpoint. (Online). (http://danimulyawan.38.blogspot.c om/2013/01/jurnal-pengaruhpenggunaan-microsoft.html. Diakses 21 Juli 2018
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaDOI: 10.30595/jppm.v2i2.2296
Copyright (c) 2018 Jenny Indrastoeti S Poerwanti, Hasan Mahfud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter