Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru
Abstract
Salah satu masalah dalam pengembangan profesionalisme guru selama ini adalah terkait dengan persoalan penulisan dan publikasi karya ilmiah melalui jurnal ilmiah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penulisan karya ilmiah terutama untuk jurnal ilmiah. Pelatihan ini diikuti oleh para guru dan siswa SMKN 1, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan adalah 1) pemberian pengetahuan teoretis dan praktis tentang penulisan karya ilmiah 2) penugasan pembuatan karya tulis ilmiah, 3) penyerahan karya tulis ilmiah dan 4) publikasi karya tulis ilmiah di jurnal. Hasil kegiatan ini adalah : Pertama, semua peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias, bersemangat, dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah. Kedua, peserta kegiatan yang berhasil membuat karya ilmiah sejumlah 5 orang atau 20% dari 25 peserta. Ketiga, kualitas artikel termasuk kategori cukup baik.
Keywords
References
Brandon, L. and Brandon, K. (2016). Paragraphs and Essays: With Integrated Readings. Boston, United States: Cengage Learning.
Day, RA. & Gastel B. (2006). How to Write and Publish A Scientific Paper. 6th. New York: Cambridge University Press.
Fahdini, R.. Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1),33-42. Doi: http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362.
Koran Sindo, 4 Juli 2015. “800.000 Guru terancam tidak bisa naik pangkat”.
Laporan Dies Natalis ke-52 UNY Tahun 2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogakarta.
Livnat, Z. (2012). Dialogue, Science and Academic Writing. Amsterdam, Netherland: John Benjamins Publishing.
Mansyur, U. & Ihramsari Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru MTs di Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2), 273-278. Doi: 10.30595/jppm.v2i2.2589.
Milakovich, M. (2005). Improving Service Quality in The Global Economy: Achieving High Performance in Public and Private Sectors. Second Edition. Boca Raton, Florida: CRC Press.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cetakan Ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10, (1), 98-114.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
Perry, R. (2002).Teaching Practice: A Guide for Early Childhood Students. London: Routledge.
Schulz, W., Ainley, J., and Fraillon, J. (2016). IEA, International Civic and Citizenship Education Study 2016 Assessment Framework. Salmon Tower Building, New York City: Springer.
Soedarsono, R.M. (2001). Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Sothirak, P., Wade, G., & Hong, M. (eds.). (2012). Cambodia: Progress and Challenges Since 1991. Singapura: Institute of Southeast Asian Studies.
Sudarsana, I.K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, and Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2 (2). 44-53. Doi: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? . Jurnal Pendidikan Karakter, 1. 47-58. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Suyanto & Jihad, A. (2015). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Surabaya: Erlangga.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Usman, M.U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wong, K.C. & K.M. Cheng. (1995). Educational Leadership and Change: An International Perspective. Hong Kong: Hong Kong University Press.
DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3128
Copyright (c) 2019 Kasiyan Kasiyan, B Muria Zuhdi, Zulfi Hendri, Aran Handoko, Maraja Sitompul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter