Edukasi Pembuatan Kertas pH Sebagai Media Pembelajaran Di SMAN 1 Wonosari Klaten

Authors

  • Akida Mulyaningtyas Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Alfian Eko Wahyudi Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ilham Caresa Wardana Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6658

Keywords:

Kertas pH, Bunga Kertas, Asam, Basa

Abstract

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran mata pelajaran kimia di SMA diperlukan praktek di laboratorium. Kegiatan praktikum tersebut bertujuan untuk mendukung para siswa dalam memahami materi yang diberikan guru di kelas.  Namun banyak sekolah yang masih belum memiliki prasarana laboratorium maupun alat dan bahan yang terkait seperti misalnya kertas pH yang biasa digunakan pada praktikum asam basa pada pelajaran kimia di kelas XI. Pada dasarnya indikator larutan asam basa dapat dibuat dari berbagai macam tanaman yang ada di sekitar kita yang memiliki zat warna. Perubahan warna bunga tanaman yang dipengaruhi kondisi asam atau basa dapat dijadikan sebagai indikator larutan asam basa. Selanjutnya tanaman tersebut dapat dibuat menjadi kertas indikator pH dengan cara yang cukup sederhana. Pada kegiatan pengabdian ini, bunga kertas atau bougenville dipilih sebagai indikator alami karena dapat menghasilkan perubahan warna yang cukup jelas pada rentang pH 6-8. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten kelas XI IPA 2. Materi larutan asam-basa diberikan pada awal semester 2 kelas XI. Tahapan pengabdian meliputi pemberian materi larutan asam-basa dengan metode ceramah dan cara kerja pembuatan kertas pH dilanjutkan praktek langsung oleh para siswa.

Author Biographies

Akida Mulyaningtyas, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Departemen Teknik Kimia

Alfian Eko Wahyudi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Departemen Teknik Kimia

Ilham Caresa Wardana, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Departemen Teknik Kimia

References

Abarca-Vargas, R., Petricevich, V.L. (2018). Bougainvillea Genus: A Review on Phytochemistry, Pharmacology, and Toxicology. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, Article ID 9070927 https://doi.org/10.1155/2018/9070927

Agrawal, S., Raj, N.R., Chouhan, K., Raj, C.N., Jain, S., & Balasubramaniam, A. (2011) Isolation of herbal acid-base indicator from the seeds of Punica granatum, Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. 3(2), 168–171.

Kapilraj, N., Keerthanan S., & Sithambaresan, M. (2019). Natural Plant Extracts as Acid-Base Indicator and Determination of Their pKa Value. Journal of Chemistry, Article ID 2031342 https://doi.org/10.1155/2019/2031342

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Priambodo, E., Nuryadi, Sutiman (2009) Aktif Belajar Kimia untuk SMA dan MA Kelas XI, Buku Sekolah Elektronik, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Utami, B., Saputro, A.N.C., Mahardiani, L., Yamtinah, S., Mulyani, B. (2009) Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam, Buku Sekolah Elektronik, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Mulyaningtyas, A., Wahyudi, A. E., & Wardana, I. C. (2020). Edukasi Pembuatan Kertas pH Sebagai Media Pembelajaran Di SMAN 1 Wonosari Klaten. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 299–303. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6658