Edukasi Pembuatan Kertas pH Sebagai Media Pembelajaran Di SMAN 1 Wonosari Klaten
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6658Keywords:
Kertas pH, Bunga Kertas, Asam, BasaAbstract
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran mata pelajaran kimia di SMA diperlukan praktek di laboratorium. Kegiatan praktikum tersebut bertujuan untuk mendukung para siswa dalam memahami materi yang diberikan guru di kelas. Namun banyak sekolah yang masih belum memiliki prasarana laboratorium maupun alat dan bahan yang terkait seperti misalnya kertas pH yang biasa digunakan pada praktikum asam basa pada pelajaran kimia di kelas XI. Pada dasarnya indikator larutan asam basa dapat dibuat dari berbagai macam tanaman yang ada di sekitar kita yang memiliki zat warna. Perubahan warna bunga tanaman yang dipengaruhi kondisi asam atau basa dapat dijadikan sebagai indikator larutan asam basa. Selanjutnya tanaman tersebut dapat dibuat menjadi kertas indikator pH dengan cara yang cukup sederhana. Pada kegiatan pengabdian ini, bunga kertas atau bougenville dipilih sebagai indikator alami karena dapat menghasilkan perubahan warna yang cukup jelas pada rentang pH 6-8. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten kelas XI IPA 2. Materi larutan asam-basa diberikan pada awal semester 2 kelas XI. Tahapan pengabdian meliputi pemberian materi larutan asam-basa dengan metode ceramah dan cara kerja pembuatan kertas pH dilanjutkan praktek langsung oleh para siswa.
References
Abarca-Vargas, R., Petricevich, V.L. (2018). Bougainvillea Genus: A Review on Phytochemistry, Pharmacology, and Toxicology. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, Article ID 9070927 https://doi.org/10.1155/2018/9070927
Agrawal, S., Raj, N.R., Chouhan, K., Raj, C.N., Jain, S., & Balasubramaniam, A. (2011) Isolation of herbal acid-base indicator from the seeds of Punica granatum, Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. 3(2), 168–171.
Kapilraj, N., Keerthanan S., & Sithambaresan, M. (2019). Natural Plant Extracts as Acid-Base Indicator and Determination of Their pKa Value. Journal of Chemistry, Article ID 2031342 https://doi.org/10.1155/2019/2031342
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Priambodo, E., Nuryadi, Sutiman (2009) Aktif Belajar Kimia untuk SMA dan MA Kelas XI, Buku Sekolah Elektronik, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Utami, B., Saputro, A.N.C., Mahardiani, L., Yamtinah, S., Mulyani, B. (2009) Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam, Buku Sekolah Elektronik, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.