Pengajaran Bahasa Berbasis Neuropedagogis Kepada Warga RT 01/03 Meruyung, Limo, Depok

Authors

  • Erna Megawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Priarti Megawanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Maman Paturahman Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.7627

Keywords:

Neuropedagogik, Pengajaran Bahasa

Abstract

Meningkatnya kasus perundungan sesama anak mengundang keprihatian para pendidik. Hal ini disinyalir berasal dari kondisi rumah yang tidak kondusif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi dalam mengenai pengajaran bahasa berbasis neuropedagogik kepada warga Rt. 01/03, Meruyung, Limo, Kota Depok. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman secara teoretis dan aplikatif dari pengajaran bahasa yang relevan dengan kerja otak anak di lingkungan Rt. 01/03, Meruyung, Limo, Kota Depok. Model pelaksanaan yang akan dilakukan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi yang menitikberatkan pada konsep dan penerapannya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juni 2020, pukul 12.30 dan berlokasi di salah satu rumah warga mitra dengan memerhatikan SOP pemerintah pada masa pandemic covid-19. Berdasarkan hasil wawancara kepada peserta, Tim mengetahui bahwa bahwa peserta mengerti dan tertarik dengan materi yang disampaikan Tim.

References

Abdullah, A. (2016). Aplikasi teori gestalt dalam mewujudkan pembelajaran bermakna (meaningful learning). Jurnal Edukasi.

Arsanti, M. (2014). Pemerolehan bahasa pada anak (kajian psikolinguistik). Jurnal PBSI, 3(2).

Ingram, D. (1989). First Language Acquisition Method, Description, and Explanation.

Mustaqim, M. (2016). Paradigma perilaku sosial dengan pendekatan behavioristik (telaah atas teori burrhusm frederic skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 10(2), 503–513.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Putri, S. W. (2020). pengaruh peran orang tua dalam pemerolehan bahasa pada anak usia 4-5 tahun. Neologia: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 151–159.

Rieber, R., Uitti, K., Stam, J., & Seigel, J. (2000). Psychology of Language. The International Handbook of Psychology. Plenum Press. https://doi.org/10.4135/9781848608399

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273.

Umi, R. (2020). Pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di paud sinar mentari dukuhwaluh kembaran banyumas. IAIN Purwokerto.

Zull, J. E. (2011). From brain to mind: using neuroscience to guide change in education. Choice Reviews Online. https://doi.org/10.5860/choice.49-1452

(https://news.detik.com/berita/d-4449393/). (https://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/03/).

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Megawati, E., Megawanti, P., & Paturahman, M. (2022). Pengajaran Bahasa Berbasis Neuropedagogis Kepada Warga RT 01/03 Meruyung, Limo, Depok. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 171–176. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.7627