Pengajaran Bahasa Berbasis Neuropedagogis Kepada Warga RT 01/03 Meruyung, Limo, Depok
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.7627Keywords:
Neuropedagogik, Pengajaran BahasaAbstract
Meningkatnya kasus perundungan sesama anak mengundang keprihatian para pendidik. Hal ini disinyalir berasal dari kondisi rumah yang tidak kondusif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi dalam mengenai pengajaran bahasa berbasis neuropedagogik kepada warga Rt. 01/03, Meruyung, Limo, Kota Depok. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman secara teoretis dan aplikatif dari pengajaran bahasa yang relevan dengan kerja otak anak di lingkungan Rt. 01/03, Meruyung, Limo, Kota Depok. Model pelaksanaan yang akan dilakukan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi yang menitikberatkan pada konsep dan penerapannya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juni 2020, pukul 12.30 dan berlokasi di salah satu rumah warga mitra dengan memerhatikan SOP pemerintah pada masa pandemic covid-19. Berdasarkan hasil wawancara kepada peserta, Tim mengetahui bahwa bahwa peserta mengerti dan tertarik dengan materi yang disampaikan Tim.
References
Abdullah, A. (2016). Aplikasi teori gestalt dalam mewujudkan pembelajaran bermakna (meaningful learning). Jurnal Edukasi.
Arsanti, M. (2014). Pemerolehan bahasa pada anak (kajian psikolinguistik). Jurnal PBSI, 3(2).
Ingram, D. (1989). First Language Acquisition Method, Description, and Explanation.
Mustaqim, M. (2016). Paradigma perilaku sosial dengan pendekatan behavioristik (telaah atas teori burrhusm frederic skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 10(2), 503–513.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Putri, S. W. (2020). pengaruh peran orang tua dalam pemerolehan bahasa pada anak usia 4-5 tahun. Neologia: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 151–159.
Rieber, R., Uitti, K., Stam, J., & Seigel, J. (2000). Psychology of Language. The International Handbook of Psychology. Plenum Press. https://doi.org/10.4135/9781848608399
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273.
Umi, R. (2020). Pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di paud sinar mentari dukuhwaluh kembaran banyumas. IAIN Purwokerto.
Zull, J. E. (2011). From brain to mind: using neuroscience to guide change in education. Choice Reviews Online. https://doi.org/10.5860/choice.49-1452
(https://news.detik.com/berita/d-4449393/). (https://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/03/).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.