Education dengan Pendekatan Self Help Group Adaptasi Kebiasaan Baru Covid – 19

Dewi Wijayanti, Fitriya Handayani

Abstract


Permasalahan bahwa anak-anak di panti harus terus hidup dengan normal seperti ingin kembali bisa bermain, belajar, dan bersosialisasi atau aktivitas lainnya agar dapat produktif di masa pandemic covid-19. Hal ini bisa dilakukan oleh anak-anak di panti jika anak-anak tersebut mendapatkan ilmu dan informasi yang jelas tentang adaptasi baru di masa pandemic covid-19. Tujuan Pengabdian adalah Menganalisa kecemasan, ketakutan dan ketidak tahuan yang dialami anak-anak di panti tersebut, khususnya bagaimana pengetahuan tentang adaptasi kebiasaan baru, pencegahan, penanganan serta kemampuan yang baik untuk melakukan pengontrolan terhadap penyakitnya sehingga diperlukan  edukasi  tatanan adaptasi kebiasaan baru self help group. Metode pengabdian masyrakat  dilakukan pada anak-anak dipanti asuhan Al-Marhamah menggunakan empat tahapan yaitu, menggali permasalahan yang dialami oleh anak-anak dalam menghadapi adaptasi baru di masa pandemic covid-19, diskusi, ceramah presentasi edukasi tentang adaptasi baru di masa pandemic covid-19 dan implementasi praktik terapi self help group. Hasil di dapatkan peningkatan pengetahuan anak-anak tentang adaptasi baru masa pandemic covid-19, membawa dampak yang baik bagi anak-anak dalam menjalani hidup normal, dan anak-anak mulai beradaptasi dengan kebiasaan seperti disiplin hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Keywords


Education; Self Help Group; Covid-19

References


Coryna Rizky Amelia. 2014. Education Impprove Premenstrual Syndrome Knowledge In Adolescent. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol 8 No.2.

El-Gabalawy, R., Mackenzie, C. S., Pietrzak, R. H & Sareen, J. (2014). A longitudinal examination of anxiety disorder and physical health conditions in a nationally representative sample of U.S. older adults. Experimental Gerontology, 60 (2014), 46 – 56. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.exger.20 14.09.012

Gugus Tugas Covid-19. 2020. Jumlah Terpapar Covid-19 di Indonesia Update 25 April 2020 Pkl. 12.00 WIB. Available from www.covid19.go.id di unduh 26 April 2020.

Huang, et al. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 6736(20), pp. 1-10.

Kemenkes, 2020. Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Promkes.kemenkes.go.id. di unduh 25 Juli 2020 pkl.09.00 WITA.

Miler, dkk. 2012. Nursing for wellness in older adults practices. Philade:JB

Notoadmojo. S, Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. 2007. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

S. Apriani et al., 2012. “Pengaruh Program Edukasi Dengan Metode Kelompok Terhadap Perilaku Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2,http://ejournal.stikesborromeus.ac.id/file/jurnal 3.pdf.

Tampi, R. R & Tampi, D. J. (2014). Anxiety disorders in late life: a comprehensive review. Healthy Aging Research 3:14, 1 – 9. doi: 10.12715/har.2014.3.14

Wang, et al. (2020). A Novel Coronavirus Outbreak of Global Health Concern. The Lancet, 6736(20), pp. 1-4.

World Health Organization.(2020).Coronavirus


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.9045

Copyright (c) 2022 Dewi Wijayanti, Fitriya Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347