Aplikasi SCR sebagai Speed Variable Motor AC Mesin Peniris Gethuk Goreng pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Risky Via Yuliantari, Dwi Novianto, Herru Santosa Budiono

Abstract


Magelang dikenal sebagai kota gethuk. Gethuk sendiri merupakan makanan ringan khas Magelang yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Oleh karena itu, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi gethuk. Salah satu UMKM yang memproduksi gethuk berlokasi di Kalikambang, Gelangan, Magelang. Gethuk yang diproduksi memiliki berbagai macam bentuk, salah satunya adalah gethuk goreng. Gethuk goreng merupakan ragam variasi dari gethuk yang diproduksi dengan cara digoreng. Proses produksi gethuk goreng masih menggunakan cara manual dengan menggoreng gethuk pada wajan dan setelah gethuk matang, gethuk ditiriskan diatas. Proses penirisan gethuk goreng secara manual atau tradisional tidak efektif dalam meniriskan minyak, karena setelah gethuk goreng dikemas ada minyak yang mengendap pada bungkus mika. Sehingga, menyebabkan gethuk goreng tidak tahan lama. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengaplikasikan scr sebagai variable speed motor ac pada mesin peniris minyak untuk mengatur kecepatan dalam proses penirisan minyak. Solusi ini menjadi cara yang efektif untuk mengurangi endapan minyak dalam kemasan, sehingga waktu konsumsi gethuk menjadi lebih lama.


Keywords


Gethuk; Mesin Peniris; SCR; Motor Listrik; Motor AC

References


Effendi. (2012). Teknolongi pengolahan dan pengawetan pangan. Bandung: Alfabeta.

Harwadi. (2010). Implementasi mesin penggiling ikan dan mesin peniris minyak guna meningkatkan produktifitas dan kualitas di pengrajin kerupuk dan getas ikan laut di belinyu. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Pada Masyaraka (pp. 1–4).

Ibik, P. (2015). Rancang bangun keripik mangga podang kapasitas 10 kg per proses (Bagian: Mesin Peniris). Jurnal Teknik Mesin, 4, 1–25.

Panggayuh, H. R. A. P. (2010). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO GETUK ECO MAGELANG. Jurnal Administrasi Bisnis, (December), 1–76. Retrieved from http://nemertes.lis.upatras.gr/jspui/bitstream/10889/4639/7/Nimertis_Zogopoulos.pdf

Purwadi, A. (2016). PROSPEK PASAR GETUK TRIO ( Studi Kasus Pada Industri Getuk Trio di Magelang ). Surya Agritama, 5, 7–12.

Sugandi. (2018). Analisis teknik dan uji kinerja mesin peniris minyak (spinner). Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian Dan Biosistem, 6, 17–26.

Suratno, I. H. E. N. S. S. (2017). PEMETAAN PRODUK EKOWISATA PADA ZONA PARIWISATA DI KABUPATEN MAGELANG MELALUI DESAIN KAWASAN AGRI YANG BERDAYA SAING. Prosiding Sentrinov, 3(2477–2097), 12–23.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i2.9143

Copyright (c) 2022 Risky Via Yuliantari, Dwi Novianto, Herru Santosa Budiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347