Analisis Perbandingan Waktu Pengereman Motor Induksi 3 Fasa Dengan Pengereman Zero Sequence Braking Dan Plugging

Andika Dwi Pradana, W Winarso

Abstract


Motor induksi tiga fasa adalah motor yang digunakan untuk menggerakan beban industri seperti lift dan konveyor, untuk menghentikan motor tersebut maka diperlukan pengereman. Pengereman motor induksi 3 fasa merupakan hal terpenting karena motor induksi tidak dapat langsung berhenti walaupun suplai daya sudah diputuskan, hal ini terjadi karena ada energi putar yang tersimpan pada poros. Pengereman dapat dilakukan dengan metode mekanis maupun elektrik. Pengereman elektrik diklasifikasikan menjadi pengereman dinamis, pengereman regenerative dan pengereman plugging. Pengujian pengereman ini dirancang untuk mendapatkan perbandingan waktu henti motor induksi tanpa pengereman, pengereman dinamis dan pengereman plugging. Dari hasil pengujian motor induksi pada kecepatan 1500 rpm diperoleh waktu henti motor tanpa pengereman adalah 3,15 detik, dengan pengereman dinamis metode zero sequence braking 0,70 detik menggunakan tegangan injek 31,2 Volt dan metode plugging 0,59 detik.


References


[1] R. Berlianti, A. Multi, and B. A. P, “Motor Induksi Fasa Tiga Tipe Rotor Sangkar Sebagai Generator Induksi Dengan Variasi Hubungan Kapasitor Untuk Eksitasi,” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 26, no. 2, pp. 110–119, 2020, doi: 10.37277/stch.v26i2.508.

[2] Isna Joko Prakoso, Agung Warsito,’’Perancangan Pengasutan Bintang – Segitiga dan Pengereman Dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan Menggunakan Programmable Logic Controller ( PLC )’’ Transmisi Vol.14, No.1, 2012

[3] M. H. Pradipta, T. Sukmadi, and M. Facta, “Pengereman Dinamis Konvensional Pada Motor Induksi Tiga Fasa,” J. TRANSIENT, vol. VOL.3, no. NO. 4, p. 657, 2014.

[4] Aditya Bakti Priahutama, Tedjo Sukmadi,’’Perancangan Modul Soft Starting Motor Induksi 3 Fasa dengan Atmega 8535’’,Transmisi,Vol 2,N0.1, 2010

[5] Syauqie Candra Buana, Tejo Sukmadi,’’ Pengereman Dinamik Bertingkat Untuk Motor Induksi Tiga Fasa,’’ Transient, Vol 5, No.3 2016

[6] M. Rata and G. Rata, “Study solution of induction motor dynamic braking,” 2016 13th Int. Conf. Dev. Appl. Syst. DAS 2016 - Conf. Proc., pp. 33–37, 2016, doi: 10.1109/DAAS.2016.7492544.

[7] Muhammad Ali Faisal Fadhila, Cornelius Sarri,’’Rancang Bangun Pengereman Motor Direct Current Pada Mobil Listrik,’’Sinergi Vol 19, No.1, 2021

[8] M. A. B. P. Agung Warsito, Mochammad Facta, “Motor Induksi Fasa Tiga ,” pp. 1–6.

[9] Guntur Andy, “Rancang Bangun Pengereman Dinamik Motor Induksi Tiga Fasa Dengan Pengaturan Arus DC Dan Output Rotor,” 2016.

[10] Sutarno,''Pengereman Dinamik Motor Induksi Dengan Injeksi Arus Searah (DC)'' Jurnal Teknik Elektro,Vol 2, No.1, 2019

[11] Mudi Yuhendi dan Aswardi,'''Pengereman Dinamik Motor Induksi tiga Fasa Dengan PLC'',Jurnal TeknikA, Vol 1, No.32, 2019

[12] Muhamad Hami Pradipta ,''Pengereman Dinamis Konvensional Pada Motor Induksi Tiga Fasa '', Trasient, Vol.3 No.4, 2014.

[13] Subuh Isnur Haryudo,'' Pengereman Dinamik Dengan Zero Speed Switch Sebagai Pengenndali Motor Induksi Tiga Fasa '',Jurnal Teknik Elektro, Vol 09. Nomor 03, 2020

[14] Ri Munarto, Bobby Rinaldi,''Analisis Pengereman dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan metode Injeksi Arus Searah dan Kapasitor Eksitasi Sendiri Fuzzy C-Means Clustering,'' Setrum, Vol.7 No.1, 2018

[15] Achmad Imam Agung dan Widi Aribowo,”Studi Literatur Analisis Penerapan Mikrokontroler Pada Pengereman Dinamik Motor Induksi Tiga Fasa,’’,Jurnal Teknik Elektro. Volume 10 Nomor 01,2021


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrre.v5i1.12901

ISSN: 2685-5313