Pengaruh Edukasi Game Puzzle Kebencanaan Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana Gunung Meletus di SD Negeri Karangsalam
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrst.v4i2.6945Keywords:
Game puzzle, mitigasi bencana, gunung meletus, pengetahuanAbstract
Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat. Anak-anak merupakan kelompok rentan terhadap bencana, menyadari adanya resiko bencana, penting ditumbuhkan kesadaran dan pengurangan resiko bencana. Pengurangan resiko bencana dapat dilakukan melalui edukasi mitigasi bencana gunung meletus di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi game puzzle kebencanaan terhadap pengetahuan mitigasi bencana gunung meletus Di SD Negeri Karangsalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Karangsalam, kelas 5A sebagai kelas eksperimen kelas 5B sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel 43 responden dengan teknik total sampling. Instrument pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, analisa data menggunakan uji Wilcoxon, uji beda Maan-Whitney.Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan pretest kelompok eksperimen mean=17,05, kelompok kontrol mean= 15,86. Pengetahuan siswa setelah edukasi posttest kelompok eksperimen mean= 18,65 dan kelompok kontrol mean= 18, 19. Edukasi mitigasi bencana gunung meletus berpengaruh terhadap pengetahuan siswa SD Negeri Karangsalam (p vaule= 0,035). Edukasi game puzzle kebencanaan meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gunung meletus di SD.
References
Asna Afifah, Vina, Istichomah, -, Priyantari, W. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Terhadap Pengetahuan Siswa Di SDN Patalan Baru Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan SAMODRA ILMU , 2015, 2015.
Azizah, Azizah, and M. T. P. M. M. (2018). Efektivitas Media Permainan Monopoli Materi Erupsi Gunung Berapi terhadap Tingkat Pengetahuan Bencana pada Ekstrakurikuler Sekolah Siaga Bencana di SMP Negeri 1 Delanggu Kabupaten Klatenitle. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6031
Cui, K., Han, Z., & Wang, D. (2018). Resilience of an earthquake-stricken rural community in southwest china: Correlation with disaster risk reduction efforts. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph15030407
Gil, H. W., Bang, K., Lee, S. Y., Han, B. G., Kim, J. K., Kim, Y. O., Song, H. C., Kwon, Y. J., & Kim, Y. S. (2014). Efficacy of hemocontrol biofeedback system in intradialytic hypotension-prone hemodialysis patients. Journal of Korean Medical Science. https://doi.org/10.3346/jkms.2014.29.6.805
Haryanto, H., & Lakoro, R. (2012). Game Edukasi “ Evakuator ” Bergenre Puzzle Dengan Gameplay Berbasis Klasifikasi Sebagai Sarana. Techno.COM, 11(1), 47–54. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/issue/view/65
Indriasari, F. N. (2018). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.3.700
Kastolani, W., & Mainaki, R. (2018). Does Educational Disaster Mitigation Need To Be Introduced In School? SHS Web of Conferences, 42, 00063. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200063
Khatimah, H., Sari, S. A., & Dirhamsyah, M. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Simulasi School Watching Terhadap Sikap Kesiapan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Ilmu Kebencanaan.
Mais, P., Mulyadi, N., & Lolong, J. (2015). PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA GUNUNG BERAPI TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SMP KRISTEN KAKASKASEN KOTA TOMOHON MENGHADAPI BENCANA GUNUNG BERAPI. Jurnal Keperawatan UNSRAT.
Mustofa, T., Muryani, C., & Yusup, Y. (2019). Knowledge Enhancement and Mitigation Strategy of Volcano Eruption Disaster Based using Macromedia Flash Media. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286925
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi 2012). In Jakarta: rineka cipta.
Olson, D. K., Scheller, A., Larson, S., Lindeke, L., & Edwardson, S. (2010). Using gaming simulation to evaluate bioterrorism and emergency readiness education. Public Health Reports. https://doi.org/10.1177/003335491012500316
S.Pribadi, K. dkk. (2008). Buku Pegangan Guru Pendidikan Siaga Bencana. . Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Sejati, A. E., Hasan, M., & Hidayati, D. N. (2019). The level participation in efforts mount Kelud eruption disaster mitigation in East Java. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.27847
Steward, D., & Wan, T. T. H. (2007). The role of simulation and modeling in disaster management. Journal of Medical Systems. https://doi.org/10.1007/s10916-006-9047-7
Sudarsono, B., Yuwono, B. D., Ramadhan, F., Teknik, D., Universitas, G. T., & Bencana, P. M. (2019). Analisis Sebaran Aliran Lava Untuk Pembuatan. 02(01), 28–35.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). In International Journal of Physiology.
Suhardjo, D. (2015). ARTI PENTING PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENGURANGI RESIKO BENCANA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226
Wawan. (2012). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. In Syafni. https://doi.org/doi: 10.1023/B:HYDR.0000008590.37567.fa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Widia Mei Linanggita Putri, Sri Suparti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.