Pengaruh Edukasi Game Puzzle Kebencanaan Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana Gunung Meletus di SD Negeri Karangsalam

Authors

  • Widia Mei Linanggita Putri Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Suparti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrst.v4i2.6945

Keywords:

Game puzzle, mitigasi bencana, gunung meletus, pengetahuan

Abstract

Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat. Anak-anak merupakan kelompok rentan terhadap bencana, menyadari adanya resiko bencana, penting ditumbuhkan kesadaran dan pengurangan resiko bencana. Pengurangan resiko bencana dapat dilakukan melalui edukasi mitigasi bencana gunung meletus di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi game puzzle kebencanaan terhadap pengetahuan mitigasi bencana gunung meletus Di SD Negeri Karangsalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Karangsalam, kelas 5A sebagai kelas eksperimen kelas 5B sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel 43 responden dengan teknik total sampling. Instrument pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, analisa data menggunakan uji Wilcoxon, uji beda Maan-Whitney.Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan pretest kelompok eksperimen mean=17,05, kelompok kontrol mean= 15,86. Pengetahuan siswa setelah edukasi posttest kelompok eksperimen mean= 18,65 dan kelompok kontrol mean= 18, 19. Edukasi mitigasi bencana gunung meletus berpengaruh terhadap pengetahuan siswa SD Negeri Karangsalam (p vaule= 0,035). Edukasi game puzzle kebencanaan meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana gunung meletus di SD.

Author Biography

Widia Mei Linanggita Putri, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Nursing

References

Asna Afifah, Vina, Istichomah, -, Priyantari, W. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Terhadap Pengetahuan Siswa Di SDN Patalan Baru Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan SAMODRA ILMU , 2015, 2015.

Azizah, Azizah, and M. T. P. M. M. (2018). Efektivitas Media Permainan Monopoli Materi Erupsi Gunung Berapi terhadap Tingkat Pengetahuan Bencana pada Ekstrakurikuler Sekolah Siaga Bencana di SMP Negeri 1 Delanggu Kabupaten Klatenitle. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6031

Cui, K., Han, Z., & Wang, D. (2018). Resilience of an earthquake-stricken rural community in southwest china: Correlation with disaster risk reduction efforts. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph15030407

Gil, H. W., Bang, K., Lee, S. Y., Han, B. G., Kim, J. K., Kim, Y. O., Song, H. C., Kwon, Y. J., & Kim, Y. S. (2014). Efficacy of hemocontrol biofeedback system in intradialytic hypotension-prone hemodialysis patients. Journal of Korean Medical Science. https://doi.org/10.3346/jkms.2014.29.6.805

Haryanto, H., & Lakoro, R. (2012). Game Edukasi “ Evakuator ” Bergenre Puzzle Dengan Gameplay Berbasis Klasifikasi Sebagai Sarana. Techno.COM, 11(1), 47–54. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/issue/view/65

Indriasari, F. N. (2018). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.3.700

Kastolani, W., & Mainaki, R. (2018). Does Educational Disaster Mitigation Need To Be Introduced In School? SHS Web of Conferences, 42, 00063. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200063

Khatimah, H., Sari, S. A., & Dirhamsyah, M. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Simulasi School Watching Terhadap Sikap Kesiapan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Ilmu Kebencanaan.

Mais, P., Mulyadi, N., & Lolong, J. (2015). PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA GUNUNG BERAPI TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SMP KRISTEN KAKASKASEN KOTA TOMOHON MENGHADAPI BENCANA GUNUNG BERAPI. Jurnal Keperawatan UNSRAT.

Mustofa, T., Muryani, C., & Yusup, Y. (2019). Knowledge Enhancement and Mitigation Strategy of Volcano Eruption Disaster Based using Macromedia Flash Media. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286925

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi 2012). In Jakarta: rineka cipta.

Olson, D. K., Scheller, A., Larson, S., Lindeke, L., & Edwardson, S. (2010). Using gaming simulation to evaluate bioterrorism and emergency readiness education. Public Health Reports. https://doi.org/10.1177/003335491012500316

S.Pribadi, K. dkk. (2008). Buku Pegangan Guru Pendidikan Siaga Bencana. . Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Sejati, A. E., Hasan, M., & Hidayati, D. N. (2019). The level participation in efforts mount Kelud eruption disaster mitigation in East Java. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.27847

Steward, D., & Wan, T. T. H. (2007). The role of simulation and modeling in disaster management. Journal of Medical Systems. https://doi.org/10.1007/s10916-006-9047-7

Sudarsono, B., Yuwono, B. D., Ramadhan, F., Teknik, D., Universitas, G. T., & Bencana, P. M. (2019). Analisis Sebaran Aliran Lava Untuk Pembuatan. 02(01), 28–35.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). In International Journal of Physiology.

Suhardjo, D. (2015). ARTI PENTING PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENGURANGI RESIKO BENCANA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226

Wawan. (2012). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. In Syafni. https://doi.org/doi: 10.1023/B:HYDR.0000008590.37567.fa

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Putri, W. M. L., & Suparti, S. (2020). Pengaruh Edukasi Game Puzzle Kebencanaan Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana Gunung Meletus di SD Negeri Karangsalam. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 4(2), 69–75. https://doi.org/10.30595/jrst.v4i2.6945