Implementasi Konseling Behavioral terhadap Permasalahan Perilaku Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.15954Keywords:
Konseling Behavioral, ImplementasiAbstract
Tujuan dari artikel ini yaitu untuk implementasi konseling behavioral terhadap permasalahan perilaku peserta didik SMA. Kenakalan remaja ini pada umumnya dilakukan oleh peserta didik yang berada di sekolah menengah atas. Yang dimana kenakalan remaja ini seringkali dilakukan oleh peserta didik, yaitu seringnya mereka merokok, minum minuman yang beralkohol, hingga narkoba. Hal menyimpang yang mereka lakukan ini umumnya sering dilakukan karena alasan ingin mencoba-coba atau meniru teman sebayanya. Kebanyakan dari mereka sudah tau dan mengerti jika hal tersebut sangat berdampak buruk untuk kedepannya akan tetapi pengaruh lingkungan sangat mempengaruhi peserta didik tersebut untuk melakukan kenakalan remaja. Penerapan dalam mengatasi konseling ini harus menggunakan teknik maupun strategi yang tepat dalam menangani permasalahan tersebut. Konseling behavioral ini sendiri dinilai cukup efektif dalam menangani permasalahan kenakalan remaja. Pada dasarnya, konseling behavioral ini sendiri dapat membantu untuk merubah perilaku peserta didik yang sedang dalam kondisi kenakalan remaja. Kenakalan remaja ini juga tidak boleh dihiraukan dan dianggap sebelah mata, karena hal tersebut dapat mempengaruhi Perilaku serta pemikiran peserta didik kedepannya.
References
Arifah, Ismailia Muwaffaqoh, & Anggraini, Widyastuti. (2018). Konseling Behavioral Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Al-Isyraq, 1(2).
Damayanti, Feny Annisa, & Setiawati, Denok. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa sma swasta di surabaya. Jurnal BK UNESA, 03(01), 454–461. Retrieved from www.surabaya.go.id
Haslindah, H. (Haslindah), Passalowongi, A. J. (Andi), & Passalowongi, J. (Jamal). (2021). Pendekatan Konseling Behavioral dalam Penanganan Remaja Bermasalah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2).
Indayani, Anggi, Sedanayasa, Gede, Nengah, Ni, & Antari, Madri. (2014). Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X . 1 Sma Negeri 1 Sawan. (1).
Maulana, Muhammad Arief, & Nugroho, Panggih Wahyu. (2019). Mengurangi Kenakalan Remaja Menggunakan Konseling Behavioral pada Peserta Didik di SMA. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1). https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.4059
Nasional.kompas.com. (2012). Ketahuan Membolos, Seorang Siswi Pingsan. Kompas.com - 26/09/2012, 02:00 https://nasional.kompas.com/read/2012/09/26/02000522/Ketahuan.Membolos..Seorang.Siswi.Pingsan. Penulis : Kontributor Surakarta, M Wismabrata
Muratama, Muhammad Satriadi. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1). https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793
Muslih, Yuyun Nuriyah, Wibowo, Mungin Eddy, & Purwanto, Edy. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.
Nasir, Amin. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466
Wiladantika, Kadek Pigura, Dharsana, I. Ketut, & Suranata, Kadek. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tamara Avrelia Damayant, Farah Dilla Nur Jihan, Sabina Ezra Arzettisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.