Upaya Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar IPS Melalui Strategi Inside Outside Circle dengan Menggunakan Media Kartu Gambar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1795Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Inside Outside Circle untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekan Indonesia menggunakan media kartu gambar di kelas V SD Negeri 1 Cilongok. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Cilongokyang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, angket sikap percaya diri dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri. Selain peningkatan sikap percaya diri , prestasi belajar siswa juga meningkat. Dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa sikap percaya diri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan Strategi Inside Outside Circle pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestassi belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Cilongok. Strategi Inside Outside Circle meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat diterapkan pada pelajaran lain.References
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Peembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mustari. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning: Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Aprilia Kurnia Rakhma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.