MODEL PEMBELAJARAN PAI DI LEMBAGA FILANTROPI PENDIDIKAN: Studi di Panti Asuhan Putra Al-Islam Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.2195Abstract
Artikel ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan model pembelajaran PAI yang efektif di Lembaga filantropi Pendidikan, 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran PAI pada lembaga filantropi pendidikan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Model penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Kesimpulan yang dihasilkan adalah: 1) model pembelajaran PAI di Panti Asuhan Putra Al-Islam Giwangan menggunakan Model George Betts, Â 2) Faktor pendukung model pembelajaran PAI ada 5: (a) Sistem pembelajaran; (b) Lingkungan, sarana dan prasarana; (c) Strategi Pembelajaran; (d) Metode pembelajaran, dan (e) Media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat ada 3: (a) Ketidaksiapan pendidik dan peserta didik (b) Kurikulum yang tidak dijalankan secara penuh; (c) Terbatasnya jumlah buku pelajaran.
Â
References
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research. Boston: Longman.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching: Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Suti'ah, & Ali, N. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Purwanto, M. N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories anEducation Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarya: Grafindo Litera Media.
Syaodih, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Naufal Ahmad Rijalul Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.