MODEL PEMBELAJARAN PAI DI LEMBAGA FILANTROPI PENDIDIKAN: Studi di Panti Asuhan Putra Al-Islam Yogyakarta

Authors

  • Naufal Ahmad Rijalul Alam Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.2195

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan model pembelajaran PAI yang efektif di Lembaga filantropi Pendidikan, 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran PAI pada lembaga filantropi pendidikan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Model penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Kesimpulan yang dihasilkan adalah: 1) model pembelajaran PAI di Panti Asuhan Putra Al-Islam Giwangan menggunakan Model George Betts,  2) Faktor pendukung model pembelajaran PAI ada 5: (a) Sistem pembelajaran; (b) Lingkungan, sarana dan prasarana; (c) Strategi Pembelajaran; (d) Metode pembelajaran, dan (e) Media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat ada 3: (a) Ketidaksiapan pendidik dan peserta didik (b) Kurikulum yang tidak dijalankan secara penuh; (c) Terbatasnya jumlah buku pelajaran.

 

References

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research. Boston: Longman.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching: Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, Suti'ah, & Ali, N. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Purwanto, M. N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories anEducation Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarya: Grafindo Litera Media.

Syaodih, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Alam, N. A. R. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PAI DI LEMBAGA FILANTROPI PENDIDIKAN: Studi di Panti Asuhan Putra Al-Islam Yogyakarta. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 45–55. https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.2195