AMANAH DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMPREDIKSI PRODUKTIVITAS RIDER OJEK ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.3387Keywords:
Amanah, Kepuasan Konsumen, ProduktivitasAbstract
Keberadaan rider ojek online sebagai salah satu dampak perkembangan teknologi di industri transportasi. Penting bagi perusahaan untuk meninjau produktivitas, sebagai bentuk pencapaian dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan dengan memegang nilai amanah sebagai salah satu keyakinan dalam menjalankan sistem online. Sehingga peneliti tertarik melihat korelasi antara kepuasan pelanggan dan amanah dalam memprediksi produktivitas rider ojek. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala amanah dan skala kepuasan konsumen, dengan jumlah subjek 112 pelanggan dan untuk variabel produktivitas rider menggunakan 112 data survey produktivitas melalui akun pribadi rider ojek online dengan metode wawancara. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai F (2,109)=0,62, p < 0,540, dengan R2=0,01 menyatakan bahwa secara signifikan kepuasan konsumen dan amanah tidak memberi pengaruh terhadap pencapaian produktivitas riderojek online PT. X.References
Amirin, T. M. (2007). Kepemimpinan
yang amanah. Dinamika Pendidikan
Anggraeni, L. S. (2015). Pengaruh
Produktivitas, Efisiensi, Kepuasan Kerja Terhadap Perputaran Karyawan Bagian Marketing. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4 (5), 1-18
Antonio, M. S. (2005). Prophetic leadership and management wisdom. Jakarta: Tazkia Publishing
Bahrami, Hasanpour, Rajaeepour,
Aghahosseni, Hodhodineghad. (2012). The relationship between organizational trust and nurse administrator’s productivity in hospitals. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 17 (6)
Budiasih, Y. (2012). Struktur
Organisasi, Budaya Kerja, Desain Kerja dan Pengaruhnya terhadap Produktivitas Karyawan Studi Kasus pada PT XX di Jakarta. Jurnal Liquidity, 1 (2), 99-105
Fathoni, K. (2017). Analisis Konsep
Produktivitas Kerja Konvensional Dalam Pandangan Islam Al Tijarah, 3(1), 1-14 p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948
Giese & Cote. (2000). Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction, 2000 (1)
Hasibuan, M. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kutner, M.H., Nachtsheim dan J, Neter. (2004) Applied linear regresion model. New York: McGraw-Hill Companies, Inc
Lovelock, C & Wright, L. K. (2007).
Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks: Jakarta, Indonesia
Malonda, V. (2013). Kepuasan Dan
Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Matahari Megamall Manado. Jurnal EMBA 969, 1 (3), 969-979,ISSN 2303-1174
Mar’ati, N. C. & Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (studi pada konsumen gojek di surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3)
Mowen, J. C. & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Nasution, M. N., (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Bogor.
Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jne Cabang Bandung. Derema Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289
Prasetyo, E., & Wahyuddin. (2003).
Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Riyadi Palace Hotel di Surakarta. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solo
Samsudin & Islam. (2015). Value of
al-amanah in human’ life. International Jurnal of Scientific and Research Publication, 5 (4)
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Widarjono, A. (2007). Ekonometrika: teori dan aplikasi untuk ekonomi dan bisnis. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Wulandari, W. (2016). Analisis Efektifitas Transportasi Ojek online Sebagai Pemilihan Moda Transportasi Di Jakarta (Studi Kasus : Go-Jek Indonesia). Skripsi. Universitas Esa Unggul Jakarta. http://digilib.esaunggul.ac.id/analisis-efektivitas-transportasi-ojek-online-sebagai-pilihan-moda-transportasi-di-jakarta-studi-kasus-gojek-indonesia-7220.htmlhttps://www.go-jek.com/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Fidia Oktarisa, Citra Anisa Nanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.