AMANAH DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMPREDIKSI PRODUKTIVITAS RIDER OJEK ONLINE

Authors

  • Fidia Oktarisa
  • Citra Anisa Nanda

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.3387

Keywords:

Amanah, Kepuasan Konsumen, Produktivitas

Abstract

Keberadaan rider ojek online sebagai salah satu dampak perkembangan teknologi di industri transportasi. Penting bagi perusahaan untuk meninjau produktivitas, sebagai bentuk pencapaian dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan dengan memegang nilai amanah sebagai salah satu keyakinan dalam menjalankan sistem online. Sehingga peneliti tertarik melihat korelasi antara kepuasan pelanggan dan amanah dalam memprediksi produktivitas rider ojek. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala amanah dan skala kepuasan konsumen, dengan jumlah subjek 112 pelanggan dan untuk variabel produktivitas rider menggunakan 112 data survey produktivitas melalui akun pribadi rider ojek online dengan metode wawancara. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai F (2,109)=0,62, p < 0,540, dengan R2=0,01 menyatakan bahwa secara signifikan kepuasan konsumen dan amanah tidak memberi pengaruh terhadap pencapaian produktivitas riderojek online PT. X.

References

Amirin, T. M. (2007). Kepemimpinan

yang amanah. Dinamika Pendidikan

Anggraeni, L. S. (2015). Pengaruh

Produktivitas, Efisiensi, Kepuasan Kerja Terhadap Perputaran Karyawan Bagian Marketing. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4 (5), 1-18

Antonio, M. S. (2005). Prophetic leadership and management wisdom. Jakarta: Tazkia Publishing

Bahrami, Hasanpour, Rajaeepour,

Aghahosseni, Hodhodineghad. (2012). The relationship between organizational trust and nurse administrator’s productivity in hospitals. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 17 (6)

Budiasih, Y. (2012). Struktur

Organisasi, Budaya Kerja, Desain Kerja dan Pengaruhnya terhadap Produktivitas Karyawan Studi Kasus pada PT XX di Jakarta. Jurnal Liquidity, 1 (2), 99-105

Fathoni, K. (2017). Analisis Konsep

Produktivitas Kerja Konvensional Dalam Pandangan Islam Al Tijarah, 3(1), 1-14 p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948

Giese & Cote. (2000). Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction, 2000 (1)

Hasibuan, M. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kutner, M.H., Nachtsheim dan J, Neter. (2004) Applied linear regresion model. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Lovelock, C & Wright, L. K. (2007).

Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks: Jakarta, Indonesia

Malonda, V. (2013). Kepuasan Dan

Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Matahari Megamall Manado. Jurnal EMBA 969, 1 (3), 969-979,ISSN 2303-1174

Mar’ati, N. C. & Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (studi pada konsumen gojek di surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3)

Mowen, J. C. & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Nasution, M. N., (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Bogor.

Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jne Cabang Bandung. Derema Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289

Prasetyo, E., & Wahyuddin. (2003).

Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Riyadi Palace Hotel di Surakarta. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solo

Samsudin & Islam. (2015). Value of

al-amanah in human’ life. International Jurnal of Scientific and Research Publication, 5 (4)

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Widarjono, A. (2007). Ekonometrika: teori dan aplikasi untuk ekonomi dan bisnis. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Wulandari, W. (2016). Analisis Efektifitas Transportasi Ojek online Sebagai Pemilihan Moda Transportasi Di Jakarta (Studi Kasus : Go-Jek Indonesia). Skripsi. Universitas Esa Unggul Jakarta. http://digilib.esaunggul.ac.id/analisis-efektivitas-transportasi-ojek-online-sebagai-pilihan-moda-transportasi-di-jakarta-studi-kasus-gojek-indonesia-7220.htmlhttps://www.go-jek.com/

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Oktarisa, F., & Nanda, C. A. (2019). AMANAH DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMPREDIKSI PRODUKTIVITAS RIDER OJEK ONLINE. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 27–35. https://doi.org/10.30595/jssh.v3i1.3387