Analisis dan Kajian Promotion Mix di Perguruan Tinggi “Z”

Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis bauran promosi dalam upaya mempromosikan institusi; 2) Menganalisis bauran promosi yang paling efektif dalam upayanya memajukan lembaga.
Metode pengumpulan data meliputi: 1) wawancara mendalam (indepth interview) terhadap pimpinan perguruan tinggi “Z”; 2) Observasi terhadap perguruan tinggi “Z” secara langsung, khususnya berkaitan dengan kegiatan pemasaran dan promosi dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa tahun ajaran 2019/2020 sampai 2022/2023; dan 3) Studi literatur berkaitan dengan manajemen pemasaran.
Penelitian dilakukan di perguruan tinggi “Z” Kabupaten Sintang. Pengambilan responden menggunakan teknik sampling jenuh setiap angkatan. Jumlah sampel adalah 200 mahasiswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, software Microsoft Excel for Windows. Terdapat 5 (lima) aspek bauran promosi yang digunakan perguruan tinggi “Z”, yaitu: advertising, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct mail (direct marketing).
Hasil penelitian adalah bauran promosi yang dinilai paling efektif secara total selama empat periode yang diteliti adalah Publik Relation. Aspek bauran promosi pada kategori “Sangat Kuat” posisi pertama ditempati oleh Public Relation yang nilainya sebesar 335 setelah dilakukan pembobotan. Strategi Public Relation di perguruan tinggi “Z” dianggap berhasil karena dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya : menjelaskan syarat-syarat pendaftaran di perguruan tinggi, menjelaskan program studi yang ada di perguruan tinggi, menjelaskan biaya masuk dan biaya semester di perguruan tinggi dan adanya bea siswa bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan.


Keywords


Perguruan Tinggi; Bauran Pemasaran

References


Ardiansyah, A., & Sutarmin, A. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Bauran Promosi Siaran Televisi Satelit Indovision Pada PT. MNC Sky Vision Cabang Pontianak. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 6(2).
Abdullah Thamrin & Tantri Francis (2018). Manajemen Pemasaran, Raja Grafindo Persada, Depok
David Wijaya (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi, Bumi Aksara, Jakarta
Fandy Tjiptono (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta
Fandy Tciptono & Anastasia Diana (2020). Pemasaran, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta
Lupiyoadi Rambat (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat, Jakarta
Sumarwan Ujang (2017). Pemasaran Stategik : Perspektif Konsumen dan Marketing Plan, IPB Press, Bogor


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i1.16776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994