Memprediksi Intensi Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Di Banyumas Indonesia Dengan Label Halal Dan Theory Planned Behaviour

Ellin Arif Safitri, Sulasih Sulasih, Dewi Laela Hilyatin, Yoiz Shofwa Shafrani

Abstract


Kosmetik merupakan produk yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat merencanakan pembelian kosmetik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior, yaitu teori yang menjelaskan bahwa perilaku terbentuk karena adanya niat/kepentingan yang dipengaruhi oleh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku. Selain itu, penelitian ini menggunakan label halal sebagai variabel bebas lainnya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan label halal terhadap niat beli produk kosmetik pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam di Banyumas, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam di Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan adalah 397 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan cara proportional stratified random sampling dan teknik lainnya yaitu nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan label halal berpengaruh positif terhadap niat beli.


Keywords


Sikap; Norma subjektif; Kontrol Perilaku; Label Halal; Niat Pembelian

References


Amin, Mia Adisty dan Lucky Rachmawati. 2020. “Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”, Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 2.
Baihaqi, Aulya Rahman. Zulkarnain dan Gatot Wijayanto. 2021. "Analisis Pengaruh Planned Behavoral Lip Cream Kosmetik Wardah Terhadap Purchase Intention Dan Consumer Buying Behavior Secara Online", Jurnal Al-Iqtishad Edisi 17, Vol. 1.
BPJPH. 2022. "Ditetapkan, Label Halal Indonesia Berlaku Nasional" https://kemenag.go.id/, diakses 27 Maret 2022, pukul 22.01 WIB.
Dian, Nur Ema Zakia dan Rinaldi. 2020. "Pengaruh Teori Perilaku Terencana Terhadap Intensi Korupsi Pengurus Organisasi Intrakampus", Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), Vol. 11, No. 2.
DS Ratnaningsih, Yunita Ramadhani dan Edy Saptono. 2020. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Produk Hankuspi: Studi UMKM Wirausaha Wanita Di Bekasi", Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 27, No. 1.
Efendi, Riyanto. Sukidjo dan Khairun Bahrun. 2020. "The Factors Of Intention To Buy Halal-Labeled Food On Muslim Students Yogyakarta, Indonesia", Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 1.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi dan Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Haro, Andrian. 2018. "Determinants Of Halal Cosmetics Purchase Intention On Indonesian Female Muslim Customer", Journal Of Entrepreneurship, Business And Economics, Vol. 6, No. 1.
Hidayati, Nur dan Linda Yuliandani. 2020. "Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah", JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), Vol. 12, No. 1.
Huda, Nurul. Hulmansyah dan Nova Rini. 2018. "Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Produk Halal Pada Kalangan Mahasiswa Muslim", EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), Vol. 2, No. 2.
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). 2021. "Memahami Pasar Halal di Tingkat Global", https://isef.co.id, diakses 7 Desember 2021, pukul 09.38 WIB.
Izzuddin, Ahmad. 2018. "Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner", Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 3, No. 2.
Jogiyanto, H.M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kamal, Bahri. Ghea Dwi Rahmadiane dan Erni Unggul Sedya Utami. 2019. "Analisis Service Quality Siakad Terhadap Kepuasan User (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama)", Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, Vol. 8, No. 1.
Kementrian Perindustrian. 2021. "Kemenperin: Tingkatkan Daya Saing IKM Kosmetik, Kemenperin Gencarkan Restrukturisasi Mesin dan Peralatan", https://kemenperin.go.id, diakses: 3 Desember 2021, pukul 10.46 WIB.
Kurniawan, Agung Widhi dan Zarah Puspitanintyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Kusnandar, Viva Budi. 2021. "Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam", https://databoks.katadata.co.id, diakses 17 Oktober 2021, pukul 10.52 WIB.
Kusumastuti, Dani. 2020. "Minat Beli Produk Halal Di Indonesia, Studi Pemetaan Sistematis", MABSYA: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, Vol. 2.
LPPOM MUI. 2021. "Potensi Besar Industri Halal Global. Di mana Posisi Indonesia?", https://www.halalmui.org, diakses 7 Desember 2021, pukul
09.28 WIB.
LPPOM MUI. 2021. "Awas, Hindari Kosmetik Haram dan Najis", https://www.halalmui.org, diakses 7 Desember 2021, pukul 20.31WIB.
LPPOM MUI. 2021. "Inilah Ketentuan Logo Halal MUI Pada Kemasan", https://www.halalmui.org, diakses 17 Desember 2021, pukul 05.57 WIB.
LPPOM MUI. 2021. "Webinar LPPOM MUI Bahas Implementas Regulasi Produk Kosmetik Indonesia", https://www.halalmui.org, diakses 25 Desember 2021, pukul 05.35 WIB.
Maghfiroh, Imroatul. A Khairuddin. dan Wawan Juandi. 2020. "Pendekatan Behavior Dalam Menanggulangi Perilaku Konsumtif Pada Santri", Jurnal Maddah, Vol. 2, No. 2.

MUI. 2021. "Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya", http://mui.or.id, diakses 8 April 2022,pukul 10.36 WIB.
Nanda, Kurnia Fitria dan Retty Ikawati. 2020. "Hubungan Persepsi Label Halal Mui Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta", Journal of Food and Culinary, Vol. 3, No. 1.
Ningtyas, Yunita. Fitria, Dessy. Pradani, Yolanda Sryta. Mutohar. Arum, Nisa Puspita. dan Maknum, Lu'luul. 2021. "Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Bersertifikat Halal", Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Humaniora, Vol. 2. No. 8.
Niswah, Farokhah Muzayinatun. 2018. "Hubungan Persepsi dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tanpa Label Halal", Jurnal Middle East and Islamic Studies, Vol. 5, No.1.
Nurhayati, Ade Kusumadewi. 2020."Persepsi Kenyamanan Dan Harga Terhadap Minat Penggunaan Jasa Transportasi Angkatan Umum Kota Di KabupatenPurwakarta", Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 7, No. 1.
Nusaresearch. 2020. "Laporan Tentang Makeup Routine", https://nusaresearch.net, diakses 16 Oktober 2021, pukul 11.21 WIB.
Oktasari, Orin. 2018. "Bisnis Kosmetik dalam Etika Bisnis Islam", Jurnal Al- Intaj, Vol. 4, No. 1.
Purbohastuti, Arum Wahyuni dan Hidayah, Asmi Ayuning. 2020. "Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser", Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 4, No. 1.
Rosida, Rida. 2018. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Kosmetik Halal (Survey Pada Muslimah Di Jawa Barat)", Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 2.
Safitri, Farizka Ananda. Hurwardani, Dewi. dan Nisa, Khairun. 2020. "Industry Kosmetik Halal Sebagai Trend Global Market (Study Fenomenologis pada Mahasiswi Muslimah Universitas Islam Malang)", Vol.1, No.1.
Simanihuruk, Peran. Tamba, Darwis. dan Sagala, Roslinda. 2021. "Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan Terhadap
Minat Berwirausaha Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior", Vol. 21, No. 1.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulasih. 2017. "Kajian Persepsi Harga, Kemasan, Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Olahan Khas Bumiayu Jawa Tengah", Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol. 5, No. 1.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Suryani, T. 2012. Perilaku Konsumen Impilasi Pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryowati, Budi dan Nurhasanah. 2020. "Label Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas, Dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal", Jurnal Manajemen Dan Organisasi, Vol. 9, No. 11.
Tranggono, Retno Iswari dan Latifah, Fatma. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. PT Gramedia Pustaka Utama.
UIN Saizu Purwokerto. 2022. "Sejarah – UIN Saizu Purwokerto", https://uinsaizu.ac.id/sejarah/, diakses 2 Maret 2022, pukul 16.00 WIB.
Ump.ac.id. 2022. "Profil Universitas - Universitas Muhammadiyah Purwokerto", https://ump.ac.id/, diakses 2 Maret 2022, pukul 16.40 WIB.
UNU Purwokerto. 2022. "Sekilas UNU Purwokerto – Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto", https://unupurwokerto.ac.id/profil/sekilas-unu- purwokerto/, diakses 2 Maret 2022, pukul 16.43 WIB.
Wahyuningsih, Indah. 2018. "Intensi Konsumen Terhadap Kosmetik Dan Produk Skincare Halal Di Indonesia: Pendekatan Theory Of Planned Behavior", JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), Vol. 3, No. 1.
Wekke, Ismail Suardi. 2019. Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Witriyana, Yuwinda. Faisal, H. Ikhwan. dan Rifani, Ahmad. 2019. "Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli

World Population Review. 2021. "Muslim Population By Country 2021", https://worldpopulationreview.com, diakses 2 Oktober 2021, pukul 11.41 WIB.
Zabidi, Ahmad. 2020. "Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Perspektif Qs. Al- Maidah Ayat 2‟", Borneo: Jurnal of Islamic Studies, Vol. 3, No. 2.
ZAP Beauty Index. 2020. "ZAP BeautyIndex", https://zapclinic.com/zapbeautyindex


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i1.17543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994