Pengaruh Attitude Toward Behavior, Subjective Norm dan Perceive Behavioral Control terhadap Minat Beli Green Product Industri Fashion

Ari Efandy Delany, Rike Penta Sitio

Abstract


Respon dan minat beli masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk ramah lingkungan, terutama produk fashion beauty, meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini mengikuti meningkatnya kesadaran lingkungan dari berbagai brand fashion beauty. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara attitude toward behavior green product, subjective norm dan perceive behavioral control terhadap minat beli green product. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pendekatan yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Olah data yang digunakan adalah SPSS.22 dengan menggunakan analisis data analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji validitas dan uji realibilitas, uji t, uji f dan uji determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah variabel attitude berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel Subjective Norm Behavior berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan variabel Perceive Behavioral Control berpengaruh signifikan terhadap minat beli.


Keywords


Minat Beli, Attitude, Subjective Norm Behavior, Perceive Behavioral Control

References


Binalay, A. G., Mandey, S. L., & Mintardjo, C. M. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Burhanudin. (2015). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Pada Intensi Mahasiswa Untuk Berwirausaha, 6(1), 60–72.

Emily, C. (2020). Why Isn’t Sustainable Fashion More Affordable? Vouge. Retrieved from https://www.vogue.co.uk/fashion/article/sustainable-fashion- affordable

Hardin-Fanning, F., & Ricks, J. M. (2017). Attitudes, social norms and perceived behavioral control factors influencing participation in a cooking skills program in rural Central Appalachia. Global health promotion, 24(4), 43-52.

Herawati, J. (2019). Produk secara online menggunakan facebook berdasarkan technology acceptance model dan theoryof planned behavior ( Studi Kasus pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta ), 16(1).

Imam, B. (2020). Ini 7 Perusahaan di Indonesia yang Ramah Lingkungan. Retrieved from https://www.minews.id/news/ini-7-perusahaan-di-indonesia- yang-ramah-lingkungan

Kemenprerin. (2014). Penghargaan Industri Hijau Tahun 2014. Kotler, P. and G. A. (2016). Principle Of Marketing (15thed.).

Mariana, T., Suhartanto, D., & Gunawan, A. I. (2020, September). Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1180-1185).

Pada, S., Perguruan, M., Ratulangi, U. S., & Lintong, D. C. A. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANGMEMPENGARUHI NIAT MEMBELI ONLINE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI MANADO Debry

Ch . A . Lintong Keywords : attitude , subjective norm , perceived behavioral control , online buying intention , small and medium enterprise , university students Kata Kunci : lingkungan internal , lingkungan eksternal , keunggulanbersaing kinerja usaha . Corresponding author :, 5(3), 169–178.

Purwanto, E., & Isyanto, I. (2020). PENERAPAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM MEMPREDIKSI NIAT BELI PRODUK SECOND HAND: STUDY PADA KONSUMEN IGENERATION. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(3), 377-388.

Robertson, L. (2020, September). How Ethical Is H&M? Goodonyou.Eco. Retrieved from https://goodonyou.eco/how-ethical-is-hm/

Salim, E. (2018). PENGGUNAAN PLASTIK MULAI DIKURANGI. Retrieved fromhttp://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/home/index.php?page=detail_news &newsid=828

Tri, W. (2016). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Ke-dua Dunia. CNN. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya- hidup/20160222182308-277-112685/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-dua-dunia

Ningtyas, Y., FITRIA, D., PRADANI, Y. S., ARUM, N. P., & LU'LUUL, M. A. K. N. U. N. (2021). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Bersertifikat Halal. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(08), 42-49.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/medek.v22i1.11280

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-4418