Responsive Strategy Versus Efficiency Strategy On New Product Launches (A Study Literature)

Yusuf Amrozi, Hafid Ramadhan, Mokhamad Iqbal Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat antara strategi responsif dan strategi efisien pada peluncuran produk baru, mengingat diperlukan strategi yang berbeda pada perlakuan kedua jenis produk tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dalam penelitian ini didapat melalui pengumpulan referensi yang relevan. Dengan menggunakan kajian pustaka tersebut juga dapat membandingkan karakteristik strategi dari produk inovatif dan produk fungsional. Hasil penelitian menunjukan produk fungsional cenderung menggunakan strategi efisiensi. Sementara strategi responsif lebih tepat digunakan pada produk inovatif. 


Keywords


Manajemen Rantai Pasok; Strategi; Peluncuran Produk Baru; Produk Fungsional; Produk Inovatif.

References


Ali, A. M., & Yusof, H. (2011). Quality and qualitative studies: The case of validity, reliability, and generalizability.

Ardianto, Y. (2019, Maret 6). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. UI-Press.

Chopra, S., & Meindl, P. (2007). Supply Chain Management. Strategy, Planning & Operation. Gabler.

Drake, A. E., & Marks, R. E. (1998). Genetic Algorithm in Economics and Finance: Forecasting Stock Market Prices and Foreign Exchange.

Gobel, M. (2013). Analisis Efisiensi Biaya Operasional Melalui Pengelolaan Tunjangan Makan dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan pada Perusahaan Jasa Outsourcing. 12.

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.

Holweg, M. (2005). An Investigation into Supplier Responsiveness. International Journal of Logistics Management.

Kalakota, R., & Robinson, M. (2001). E-business 2.0: Roadmap for success. Addison-Wesley.

Kasinath. (2013). Understanding and Using Qualitative Methods in Performance Measurement.

Masudin, I. (2017). Supply Chain Management and Reverse Logistics (An Overview and Review for Future Research Direction). UMM Press.

McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research Using Qualitative, Quantitative or Mixed Methods and Choice Based on the Research.

Octa, A. (2021, Februari 5). Anda Mau Launching Produk Baru, Simak Tips Berikut Ini. Distribusi Pemasaran. https://distribusipemasaran.com/anda-mau-launching-produk-baru-simak-tips-berikut-ini/

Populix. (2021, Juni 30). Supply Chain Management (SCM): Pengertian, Konsep & Strategi. https://www.info.populix.co/post/supply-chain-management

Pujawan, I. N., & Mahendrawati. (2010). Supply Chain Management Edisi Kedua. Guna Widya.

Sakti, B. J., & Mahfudz, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 137–144.

Schroeder, R. G. (2007). Operations Management: Contemporary Concepts and Cases (3 ed.). Mc Graw Hill.

Syarif, M. (2020, Juli 3). Supply Chain Strategy dan Performance. msyarif.id. https://msyarif.id/strategi-dan-kinerja-supply-chain-management/


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/medek.v22i1.12681

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-4418