PENGARUH KREDIT BERMASALAH DAN PERPUTARAN KAS TERHADAP LIKUIDITAS PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI), Tbk

Yuniarti Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit bermasalah dan perputaran kas terhadap likuiditas pada Bank Negara Inonesia, Tbk. Jenis data yang di gunakan adalah data skunder berupa data laporan keuangan pada Bank Negara Indonesia Tbk. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu selama 10 tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2018. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi linier berganda Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kredit bermasalah terhadap likuiditas pada Bank Negara Indonesia, Tbk dan tidak terdapat pengaruh dan signifikan antara perputaran kas terhadap likuiditas pada Bank Negara Indonesia, Tbk. Besarnya pengaruh kredit bermasalah dan perputaran kas terhadap likuiditas sebesar 70,1% dan sisanya sebesar 29,9% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kredit Bermasalah, Perputaran Kas, Likuiditas.

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Djazuli, Atim. (2018). Pengaruh Kredit Macet Terhadap Profitabilitas Melalui Kecukupan Modal, Biaya dan Pendapatan Operasioanl. Jurnal Universita Brawijaya. Volume 5.

Erviana, Eries. (2018). Pengaruh Kredit Bermasalah Dan Perputaran Kas Terhadap Likuiditas. Jurnal Universitas Islam Malang. Volume 07 No. 12.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Lukman, Denda Wijaya. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rosyafah, Siti. (2018). Pemgaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk. Jurnal Universitas Bhayangkara Surabaya. Volume 4 No.2.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi Bandung : Alfabeta

TriYusnita, Rita. (2011). Pengaruh Kredit Bermasalah Terhadap Perputaran Kas Dan Dampaknya Terhadap Likuiditas Studi Kasus Pada PT. BPR Mitra Kopjaya MAndiri Manonjaya Tasikmalaya. Jurnal Universitas Islam Malang. Volume 07.

Umar, Husein. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Yudana, Putu Indra, Wayan Cipta, I Wayan Suwendra. (2018). Pengaruh Kredit Bermasalah Dan Perputaran Kas Terhadap Likuiditas Pada Lembaga Perkreditan Desa Kecamatan Seririt. Jurnal Manajemen, Volume 4 No 1.




DOI: 10.30595/medek.v19i02.7273

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-4418