Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek)

Authors

  • Melani Quintania Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada
  • Sasmitha Sasmitha Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.30595/medek.v20i1.9491

Keywords:

design, product innovation, customer satisfaction, customer loyalty

Abstract

This study aims to determine the effect of the design, product innovation on consumer satisfaction and its impact on consumer loyalty to Wardah cosmetic lipstick products in region of Jabodetabek. This research is an explanatory type of research that uses a quantitative approach in the form of observation. The results use primary data in the way of surveys to consumers. Sampling determines using conditions for consumers, namely at least three purchases in the last five months, 17 years old, and can understand and fill out the questionnaire applied to obtain a final sample of 200 respondents. The data analysis method uses path analysis and uses the SPSS (Statistical Package for The Social Science) program. The results of this study prove that product design and innovation have a positive and significant effect on customer satisfaction and customer satisfaction has a positive and significant impact on customer loyalty. Product design and innovation have a direct influence on consumer loyalty while not having a substantial effect on consumer loyalty through customer satisfaction.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2015). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Almana, L. O., Sudarmanto, & Suardi, I. (2018). Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Yogyakarta: Dee publish.

Anggraini, L. N., Kustiyah, E., & Sudarwati. (2019, Juni). Pengaruh Kualitas, Harga dan Citra Produk terhadap Kepusan Pelanggan pada Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 46-58.

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(2), 178-189.

Ayuningtyas, R. (2016). Analisis Pengaruh Promosi, Desain Produk, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pemebelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK (SENDI_U) ke-2 (pp. 844-852). Semarang: Unisbank.

Dwi Putra, M. C., & Ekawati, N. W. (2017, Maret). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen, 6(3), 1674-1700.

Fitriani, V., & Sharif, O. O. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Konsumen Pada Produk Kosmetik. e-Proceeding of Management. 5, pp. 90-95. Universitas Telkom.

Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran (2 ed.). Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Griffin, J. (2010). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran). Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Highlight Media. (2018, November 7). 10 Merek Kosmetik Lokal Indonesia Paling Favorit Untuk Paras Cantikmu. Retrieved from Highlight.ID: https://highlight.id/daftar-brand-merek-produk-kosmetik- lokal-indonesia-favorit-terkenal-populer-pilihan-makeup-kecantikan/

Husain, T. (2019, December 29). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

ICSA. (2019). WINNER ICSI 2016-2017. Retrieved from Indonesian Customer Satisfaction Award: http://icsa-indo.com/winner/icsa_2016.html | http://icsa-indo.com/winner/icsa_2017.html

ika/JPC. (2017, Agustus 13). RI Bidik Peluang Besar Industri Kosmetik dan Kecantikan. (M. Syadri, Editor) Retrieved from Bisnis: https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/13/08/2017/ri-bidik-peluang- besar-industri-kosmetik-dan-kecantikan/

Khairani, R., Siregar, C. A., Hutabalian, R. H., & Karolina, I. I. (2019, Juli-Desember). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. MATAHARI PUTERA PRIMA (Hypermart). Jurnal Manajemen, 5(2), 129-136.

Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2016, December). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (7 ed.). Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Maulana, B. R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga terhadap loyalitas konsumen CV. Usaha bersama grafika melalui kepuasan konsumen. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Molle, M. A., Mandey, S. L., & Kojo, C. (2019, Januari). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal’s Resto and Fuction Hall Dikota Ternate. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 871-880.

Nurbani, A., Mulyanto, H., & Wardani, M. K. (2019, Desember). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109-120.

Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rahayu, E. M. (2016, Juni 16). Wow, Indonesia Pasar Pertumbuhan Utama Industri Kecantikan ASEAN. Retrieved from SWA - Strategy: https://swa.co.id/swa/business-strategy/wow-indonesia-pasar- pertumbuhan-utama-industri-kecantikan-asean

Sani, A., & Maharani, V. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner dan Analisis Data), Cetakan Ke-2. Malang: UIN MALIKI Press.

Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 1-8.

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Rori, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. Sutopo, Ed.) Bandung: CV. Alfabeta.

Susilawati, D. (2016, Juni 18). Indonesia Berpeluang Besar di Industri Kecantikan. Retrieved from Republika Ekonomi: https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/06/18/o8xfl1-indonesia- berpeluang-besar-di-industri-kecantikan

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyu, D. A., & Gorda, A. E. (2019, Desember). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 324-336.

Wahyuni, E. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Roti Aroma Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition, 1(2), 171-182.

Wardah Kosmetik. (2019). Wardah "Feel the Beauty". Retrieved from https://www.wardahbeauty.com/ Widiyanto, I. (2008). Pointers: Metodelogi Penelitian. Semarang: BP UNDIP.


Downloads

Published

2020-01-10