Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang

Monika Priastari, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi dari  penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berbantuan media Bontang (Boneka tangan) di kelas VII SMP Terpadu Darussalam Depok. Jenis penelitian adalah penelitian saintifik dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dimana saat eksperimennya menggunakan 3 tahapan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-A pada semester ganjil  tahun 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Nilai rata-rata pembelajaran menulis cerita fantasi prasiklus 53 siklus I sebesar 73,5 dan siklus II 79,5. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan media Bontang (boneka tangan) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok.


Keywords


Keterampilan Menulis; Cerita Fantasi; PTK; Metode PJBL; Media Bontang

References


Abidin, Zainal. 2020. “Pembela­jaran Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegi­atan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). Hal. 65

Dalman. 2014. Menulis Karya Ilmi­ah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadly, Ahmad. 2020. Peningkatan Menulis Teks Deskripsi de­ngan Menggunakan Film pada SMP 3 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Bahasa dan Pengajaran­nya 3(1). Hal. 305

Helmiati. 2012. Model Pembela­jaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo.

Indriyani, Lemi. 2019. “Pemanfa­atan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Un­tuk Meningkatkan Ke­mam­puan Berpikir Kogni­tif Siswa” Prosiding Semi­nar Pendidikan FKIP Uni­versitas Sultasn Agung Tirtayasa 2(1). Hal. 3.

Yanner dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII” Jurnal Pendidikan Teori, Peneli­ti­an, dan Pengembangan, 3(1). Hal 101.

Marliana, Lia dkk. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya Offest.

Mukrimaa, Syifa. S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pem­be­lajarannya. Bandung: Indonesian University Of Education.

Rehmalemna, Monika. 2015. “Pe­ning­katan Keterampilan Menulis Paragraf Ekspo­sisi Melalui Metode Dis­kusi Dengan Media Koran Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Binjai”. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2). Hal. 96.

Saddhono, Kundaru. 2012. Mening­katkan Keterampilan Ber­ba­hasa Indonesia. Ban­dung: Karya Putra Dar­wati.

Soesatyo, Yoyok dkk. 2017. “Pela­tihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Ka­bu­paten Sidoarjo”. Jurnal Pemberdayaan Masya­ra­kat Madani (JPMM). 1(2), Hal. 165.

Sulianto, Joko dkk. 2014. “Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Untuk Menanamkan Karakter Po­­­sitif Kepada Siswa Sekola Dasar” Jurnal Pendidikan, 15(1), Hal. 95.

Sudjana dan Rivai. 2019. “Media Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10276

Copyright (c) 2021 Monika Priastari, Wika Soviana Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020