Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi dari penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berbantuan media Bontang (Boneka tangan) di kelas VII SMP Terpadu Darussalam Depok. Jenis penelitian adalah penelitian saintifik dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dimana saat eksperimennya menggunakan 3 tahapan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-A pada semester ganjil tahun 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Nilai rata-rata pembelajaran menulis cerita fantasi prasiklus 53 siklus I sebesar 73,5 dan siklus II 79,5. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan media Bontang (boneka tangan) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok.
Keywords
References
Abidin, Zainal. 2020. “Pembelajaran Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). Hal. 65
Dalman. 2014. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fadly, Ahmad. 2020. Peningkatan Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Film pada SMP 3 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Bahasa dan Pengajarannya 3(1). Hal. 305
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo.
Indriyani, Lemi. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa” Prosiding Seminar Pendidikan FKIP Universitas Sultasn Agung Tirtayasa 2(1). Hal. 3.
Yanner dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII” Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1). Hal 101.
Marliana, Lia dkk. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya Offest.
Mukrimaa, Syifa. S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajarannya. Bandung: Indonesian University Of Education.
Rehmalemna, Monika. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Melalui Metode Diskusi Dengan Media Koran Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Binjai”. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2). Hal. 96.
Saddhono, Kundaru. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.
Soesatyo, Yoyok dkk. 2017. “Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(2), Hal. 165.
Sulianto, Joko dkk. 2014. “Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekola Dasar” Jurnal Pendidikan, 15(1), Hal. 95.
Sudjana dan Rivai. 2019. “Media Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10276
Copyright (c) 2021 Monika Priastari, Wika Soviana Devi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020