Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Deskripsi dengan Media Video Wisata Lokal di Kabupaten Banjarnegara
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah bahan ajar interaktif untuk keterampilan menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara, (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara, dan (3) mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama, dilaksanakan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar interaktif untuk menulis teks deskripsi dan bentuk dari produk bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara. Pada tahap ini, kegiatan yang dilakukan adalah menentukan populasi, sampel, teknik pengumpulan data, instrument penelitian, teknik analisis data, perencanaan desain produk, validasi desain, revisi desain, dan pengujian terhadap produk. Penelitian tahap kedua adalah pelaksanaan uji coba produk pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara. Pada tahap ini, kegiatan yang dilaksanakan adalah menentukan rancangan eksperimen, populasi, sampel, teknik pengumpulan data, instrument peneitian, dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara telah melalui tahapan analisis, rancangan, produksi, evaluasi dan revisi, (2) Produk pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara memiliki tingkat kelayakan materi 4,95 dan validasi 99% dan aspek media memiliki tingkat kelayakan 4,87 dan kevalidan 97,33%. (3) Produk pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks deskripsi dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara terbukti efektif berdasarkan hasil perolehan rata-rata pre-test siswa adalah 69,70 dan post test siswa adalah 81,36 hasil. Dari hasil pre test dan post test dilakukan peghitungan menggunakan t test dengan hasil nilai t tes 4,23. Hal itu berarti lebih besar daripada nilai 1,692 pada t tabel dengan tingkat alpha 5% (0,05). Berdasarkan analisis data tersebut dapat ditarik simpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan terbukti bahwa bahan ajar interaktif dengan media video wisata lokal di Kabupaten Banjarnegara berpengaruh terhadap efektivitas dan hasil belajar menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Keywords
References
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2015. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Arikunto, Suharsimi. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Dalman. H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers
Harsiati, Titik & dkk. 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
Keraf. Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Arnodus Ende
Kosasih. E. & Endang Kurniawan. 2019. Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Yrama Widya: Bandung
Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press
Riduwan. 2007. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Semi, M. Attar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Mugantara
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Tarigan. Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10991
Copyright (c) 2021 Muslimah Muslimah, Kuntoro Kuntoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020