Hubungan Antara Jenjang Kepangkatan, Pendidikan, Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Se-Subrayon 7 Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.10993Keywords:
Jenjang Kepangkatan, Pendidikan, Kemampuan Menyusun RPP, Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenjang kepangkatan, pendidikan, kemampuan guru menyusun RPP, kemampuan melaksanakan pembelajaran, hubungan antara jenjang kepangkatan guru dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara pendidikan guru dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara kemampuan menyusun RPP dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik, hubungan secara bersama-sama jenjang kepangkatan, pendidikan, kemampuan menyusun RPP, dan melaksanakan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian survei. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa jenjang kepangkatan, jenjang pendidikan, kemampuan guru bahasa Indonesia menyusun Rencana Pelaksanakan Pembelajaran, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, dan data sekunder berupa hasil belajar peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP subrayon 7 Kabupaten Banyumas. Proses penelitian ini dilakukan menggunakan tiga tahap, yaitu: (a) tahap penyediaan data, yang meliputi kuesioner dan dokumentasi, (b) tahap analisis data, meliputi analisis univariat, bivariate, dan multivariate,(c) tahap penyajian hasil analisis data dengan menggunakan metode penyajian informal. Hasil analisis penelitian tersebut dari variabel X1-X4 yang paling terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yaitu X4 atau kemampuan melaksanakan pembelajaran.
References
Asmara, Husna. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional tentang panduan penyusunan portofolio serÂtifikasi guru dalam jabatan 2007.
Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar PeÂngemÂbangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdayama, Jumanta. 2017. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hermawan, Asep Herry, dkk. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian PenÂdidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan KonÂÂtekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia IndoÂnesia.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan PembeÂlajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2018. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munjiati. 2011. Kemampuan Guru dalam MeÂrancang dan Melaksanakan PemÂbeÂlajaran terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Referensi
Munthe, Bermawy. 2011. Desain PembelaÂjaran. Yogyakarta: Pustaka Isnan Madani.
Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi BiÂrokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kredit. 2009.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang StanÂdar Proses. BSNP: 2007.
Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 pasal 20 tentang perencanaan proses pembelajaran
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Prinsip pengembangan rencaÂna pelaksanaan pembelajaran dalam menyukseskan implementasi KurikuÂlum 2013.
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tenÂtang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Seri Manajemen Sekolah BerÂmutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme GuÂÂÂru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saheri, Ahmad. 2018. Hubungan KemamÂpuan Guru Menyusun RPP dan Melaksanakan Pembelajaran terhadap Hasil UKG. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Teories an Educational Perspective. Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas bab 1 pasal 1.
Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yamin, Mrtinis. 2012. Desain Baru PembelaÂjaran Konstruktivisme. Jakarta: RefeÂrensi. Artikel Penelitian UniversiÂtas Muhammadiyah Yogyakarta.
Zahnia, Siti. (2016) Kajian Epidemiologis Skizofrenia. Ilmu Kedokteran KomuÂnitas dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, FK Unila. Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.