Hubungan Antara Jenjang Kepangkatan, Pendidikan, Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Se-Subrayon 7 Kabupaten Banyumas

Melia Dwi Renovriska, Furqanul Aziez

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenjang kepangkatan, pendidikan, kemampuan guru menyusun RPP, kemampuan melaksanakan pembelajaran, hubungan antara jenjang kepangkatan guru dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara pendidikan guru dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara kemampuan menyusun RPP dengan hasil belajar peserta didik, hubungan antara kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik, hubungan secara bersama-sama jenjang kepangkatan, pendidikan, kemampuan menyusun RPP, dan melaksanakan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian survei. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa jenjang kepangkatan, jenjang pendidikan, kemampuan guru bahasa Indonesia menyusun Rencana Pelaksanakan Pembelajaran, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, dan data sekunder berupa hasil belajar peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP subrayon 7 Kabupaten Banyumas. Proses penelitian ini dilakukan menggunakan tiga tahap, yaitu: (a) tahap penyediaan data, yang meliputi kuesioner dan dokumentasi, (b) tahap analisis data, meliputi analisis univariat, bivariate, dan multivariate,(c) tahap penyajian hasil analisis data dengan menggunakan metode penyajian informal. Hasil analisis penelitian tersebut dari variabel X1-X4 yang paling terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yaitu X4 atau kemampuan melaksanakan pembelajaran.


Keywords


Jenjang Kepangkatan; Pendidikan; Kemampuan Menyusun RPP; Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran; Hasil Belajar Peserta Didik

References


Asmara, Husna. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional tentang panduan penyusunan portofolio ser­tifikasi guru dalam jabatan 2007.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pe­ngem­bangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdayama, Jumanta. 2017. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hermawan, Asep Herry, dkk. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pen­didikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kon­­tekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indo­nesia.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembe­lajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2018. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munjiati. 2011. Kemampuan Guru dalam Me­rancang dan Melaksanakan Pem­be­lajaran terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Referensi

Munthe, Bermawy. 2011. Desain Pembela­jaran. Yogyakarta: Pustaka Isnan Madani.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Bi­rokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kredit. 2009.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Stan­dar Proses. BSNP: 2007.

Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 pasal 20 tentang perencanaan proses pembelajaran

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Prinsip pengembangan renca­na pelaksanaan pembelajaran dalam menyukseskan implementasi Kuriku­lum 2013.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 ten­tang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Seri Manajemen Sekolah Ber­mutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Gu­­­ru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saheri, Ahmad. 2018. Hubungan Kemam­puan Guru Menyusun RPP dan Melaksanakan Pembelajaran terhadap Hasil UKG. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Teories an Educational Perspective. Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas bab 1 pasal 1.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Mrtinis. 2012. Desain Baru Pembela­jaran Konstruktivisme. Jakarta: Refe­rensi. Artikel Penelitian Universi­tas Muhammadiyah Yogyakarta.

Zahnia, Siti. (2016) Kajian Epidemiologis Skizofrenia. Ilmu Kedokteran Komu­nitas dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, FK Unila. Lampung.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10993

Copyright (c) 2021 Melia Dwi Renovriska, Furqanul Aziez

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020