Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi
Abstract
Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi kelas x bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Pada saat pandemi covid-19 proses belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas melainkan di rumah masing-masing dengan pembelajaran daring, sehingga pengajar dituntut untuk kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangun suasana belajar yang efektif agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot ini telah diterapkan pada kelas x SMA Triguna Utama bertujuan membangun minat belajar siswa pada keterampilan menulis teks eksposisi pada pembelajaran daring. Hasil dari penelitian adalah kefektifan pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot dan juga nilai tes siswa yang mengalami peningkatan dan mencapai KKM yang ditentukan sekolah.
Keywords
References
Akhyar, Fitria. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Textium
Chairunnissa, Connie. 2017. Metode Penelitian Ilmiah dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media
Fuzan, Rikza. 2019. Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikis Hitoris Mahaiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1. Tanggal akses 27 Februari 2020
Hasibuan, Hapsyah. 2019. Hubungan Penguasaan Fungsi Kalimat dengan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sosa. Jurnal Sinar Edukasi. Vol. 01. No. 01. Tanggal akses 02 Maret 2020
Hikmah, Nurul. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1. No. 1. Tanggal akses 21 Juli 2020
Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Jannah, Kunuzil dan Pahlevi. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 8. No. 1. Tanggal akses 26 maret 2020
Maolidah, Irna Septiani dkk. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUTCEHNOLOGIA. Vol. 3. No. 2. Tanggal akses 15 September 2020
Muhasim. 2017. Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa Nusantara Lombok-NTB. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 5. No. 2
Ningrum, Gres Dyah K. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 9. No. 1. Tanggal akses 02 maret 2020
Saputra, Eko Arif dan Mujib. 2018. Efektifitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Matematika. Vol. 1. No. 2. Tanggal akses 15 September 2020
Schrum, Lynne. 2013. Teknologi Pendidikan Bagi Para Pemimpin Sekolah. Jakarta: PT. Indeks
Suandi, dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Yarmi, Gusti. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 28. No. 1. Tanggal akses 02 Maret 2020
DOI: 10.30595/mtf.v8i2.11636
Copyright (c) 2021 Rosita Dwi Anggraeni, Khaerunnisa Khaerunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020