Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.11636Keywords:
Flipped Classroom, Kahoot, Keterampilan Menulis, Teks EksposisiAbstract
Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi kelas x bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Pada saat pandemi covid-19 proses belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas melainkan di rumah masing-masing dengan pembelajaran daring, sehingga pengajar dituntut untuk kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangun suasana belajar yang efektif agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot ini telah diterapkan pada kelas x SMA Triguna Utama bertujuan membangun minat belajar siswa pada keterampilan menulis teks eksposisi pada pembelajaran daring. Hasil dari penelitian adalah kefektifan pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot dan juga nilai tes siswa yang mengalami peningkatan dan mencapai KKM yang ditentukan sekolah.
References
Akhyar, Fitria. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Textium
Chairunnissa, Connie. 2017. Metode Penelitian Ilmiah dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media
Fuzan, Rikza. 2019. Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikis Hitoris Mahaiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1. Tanggal akses 27 Februari 2020
Hasibuan, Hapsyah. 2019. Hubungan Penguasaan Fungsi Kalimat dengan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sosa. Jurnal Sinar Edukasi. Vol. 01. No. 01. Tanggal akses 02 Maret 2020
Hikmah, Nurul. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1. No. 1. Tanggal akses 21 Juli 2020
Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Jannah, Kunuzil dan Pahlevi. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 8. No. 1. Tanggal akses 26 maret 2020
Maolidah, Irna Septiani dkk. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUTCEHNOLOGIA. Vol. 3. No. 2. Tanggal akses 15 September 2020
Muhasim. 2017. Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa Nusantara Lombok-NTB. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 5. No. 2
Ningrum, Gres Dyah K. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 9. No. 1. Tanggal akses 02 maret 2020
Saputra, Eko Arif dan Mujib. 2018. Efektifitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Matematika. Vol. 1. No. 2. Tanggal akses 15 September 2020
Schrum, Lynne. 2013. Teknologi Pendidikan Bagi Para Pemimpin Sekolah. Jakarta: PT. Indeks
Suandi, dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Yarmi, Gusti. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 28. No. 1. Tanggal akses 02 Maret 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.