Pengembangan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Pembelajaran Tematik Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.11997Keywords:
Media, TTS, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran TTS pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di Gugus Untung Suropati, Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dari keseluruhan populasi adalah 11 kelas yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap penyusunan dan pengembangan media TTS ditempuh melalui 3 tahapan, yaitu menganalisis kebutuhan guru, menganalisis kebutuhan siswa, dan mengembangkan media TTS sebagai media pembelajaran tematik di kelas VI SD, (2) Validitas media TTS dinyatakan valid melalui penilaian dari hasil validasi ahli I dan II, saran dan masukan yang baik untuk dikembang-kannya produk media, serta respon pengguna media TTS. Dari hasil analisis validator diperoleh rata-rata presentase berturut-turut sebesar 78% dan 74,34%, dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas VI SD, dan (3) Tingkat keefektifan media TTS pada pembelajaran tematik dapat diketahui dari hasil uji coba produk yang menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media TTS pada materi tema 9 pembelajaran tematik lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (buku teks). Media TTS juga mendapat respon baik oleh peserta didik.
References
Anitah, Sri . 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BuÂmi Aksara.
Aziez, Furqanul dan Feisal Aziez. 2019. Kosa Kata Teori, Pengajaran, dan Pengukurannya.Purwokerto: UM Purwokerto Press.
Aziez,Furqanul, dkk. 2020. Ensiklopedia Pendidikan Indonesia. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Elviza,Yulia dkk.[2013]. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata melalui Teknik Permainan Teka-Teki SiÂlang di Kelas VII.A SMPN 2 Sungai Penuh.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurnal Pendidika Bahasa dan SasÂtra Indonesia, Vol 1 no 2 ,Maret 2013.Seri F 399 – 476.
Hidayati, Nia. Artikel November 13, 2009 at 12:31 http://niahidayati. net/manfaat-teka-teki-silang-sebagai-penambah-wawasan- dan-mengasah-kemampuan.html.
Iskandarwassid, Dadang S. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Karitas Diana, dkk. 2018. Pegangan Guru Tema 9. Menjelajah AngÂkasa Luar. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD Kelas VI. Jakarta: Kemendikbud
Keraf, Gorys. 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia PustaÂka Utama.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Te-maÂÂtik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mukrimaa, Syifa S.. 2014. 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Niken, Raeh. 2016. https://raehniken. blogspot.com/2016/12/hakikat-permainan.html, diunduh tanggal 24-1-2020 pukul 20.18.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi PeÂkerti
Rahmarizqy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah, https://rahmarizqy. Word press.com /2017/02/02/gerakan-literasi-sekolah/diunduh tanggal 7-9-2020 pukul 11.00
Rizki Fajar, dkk. 2020. Tema 9. MenjeÂlajah Angkasa Luar. Yogyakarta: PT. Penerbit Intan Pariwara
Setyosari, Punaji. 2012. Metode PeneÂlitian Pendidikan dan PengemÂbangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sofiatin. 2015. Hubungan Penguasaan Kosa Kata dan Penguasaan Kalimat Efektif dengan KeteramÂpilan Menulis Esai Siswa. Jurnal Lingua, Vol 1 nomor 2.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran.Bandung: SiÂnar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Susilana Rudi, dkk. 2008. Media PembeÂlajaran.Bandung: CV.Wacana Prima.
Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo.
Ul Husna, Gusmita dan Hastuti, Hera. 2019. Pengembangan Media Teka – Teki Silang sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA. Jurnal Halaqah,Vol 1 no 4,Page 402-411, ISSN [online] 2685-6379, Oktober 2019.
Ulfayanti,Nur. 2017. Skripsi. PengemÂbangan Media Permainan Teka-Teki Silang pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 12 Makasar. November 2017.
Wasgito, Andi. 2014. Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang [TTS] dalam .Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget. Jurnal Seni Rupa,Vol 2 no 3.
http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/CrissCrossSetupForm.asp,. diunduh tanggal 24-1-2020 pukul 20.18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.