Pengembangan E-Modul Pengayaan Materi Debat Berbasis Software Sigil untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA di Purbalingga

Catur Andiyanto, Santhy Hawanti, Kuntoro Kuntoro

Abstract


Penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa E-Modul Pengayaan Materi Debat Berbasis Software Sigil ini bertujuan agar tercapai pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif, efisien, dan menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa  SMA Negeri 1 Purbalingga dan SMA Negeri 1 Kutasari.  Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Validasi melibatkan dua ahli materi dan dua ahli media dengan melalui beberapa revisi diperoleh hasil akhirnya menunjukan kategori valid (layak digunakan). Tahap uji kemenarikan skala kecil (15 responden) dan skala besar (60 responden) diperoleh hasil keduanya dikategorikan “sangat menarik”. Uji keefektifan produk dengan uji effect size diperoleh nilai akhir hasil belajar (posttest) lebih tinggi dari nilai awal (pretest) sehingga digolongkan cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul Pengayaan Materi Debat Berbasis Software Sigil dikategorikan layak dan cukup efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran bahasa Indonesia SMA di Purbalingga.


Keywords


E-Modul Pengayaan, Materi Debat, Software Sigil

References


Aryo, Foy. 2020. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Berdebat Secara Santun. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitri, Anisa, Netriwati, dan Siska Andriani. 2021. Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education. p-ISSN 2477-409X, e-ISSN: 2549-9084. Progam Studi Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung. https://www. researchgate.net/publication /351 313851_Sigil_Software-sebagai_Pengem bangan_E-Modul_Pembelajaran_Matematika. (Diakses 10 Maret 2021).

Ghanoe, MD. 2020. Seni Memenangkan Debat. Yogya­karta: Alaska.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lilly, Emily L. 2012. Assigned Positions for In-Class Debates Influence Student Opinions. Interna­tional Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 24, Number 1, 1-5, ISSN 1812-9129. Virginia Military Institute. Alailable at http://www.isetl.org/ijtlhe/ . (Diakses 17 Maret 2021).

Pratama, Ramadhana Agung, Saida Ulfa, and Dedi Kuswandi. 2018 ‘Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar’, Teori Penelitian Dan Pengembangan. (Diak­ses 10 Maret 2021).

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schopenhauer, Arthur. 2020. Seni Berdebat: 38 Ju­rus Memenangkan Argumen. Yogyakarta: Circa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk. Achmad Setiawan, dan Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. Sutardjo Atmowidjoyo, dan Nina Lamatenggo. 2018. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudin. 2018. Komputer dan Masyarakat. Ban­dung: PT Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i2.12411

Copyright (c) 2021 Catur Andiyanto, Santhy Hawanti, Kuntoro Kuntoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020