Teks Anekdot dalam Web Guru Pendidikan (Pola, Struktur, Pesan Moral, dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola, struktur, pesan moral, dan relevansi penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data pada penelitian ini adalah teks yang mengandung unsur Pola, Struktur, Pesan Moral di dalam teks anekdot Web Guru Pendidikan. Sumber data pada penelitian ini adalah teks anekdot Web Guru Pendidikan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu (1) 31 data dari teks anekdot menggunakan pola narasi, (2) 37 data teks anekdot menggunakan pola dialog, (3) 1 data menggunakan pola anekdot dan pola narasi. Struktur teks anekdot (1) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda, (2) 55 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan reaksi, (3) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan koda, (4) 4 data merupakan struktur yang terdiri dari abstrak, krisis, reaksi, dan (5) 8 data terdapat struktur abstrak, orientasi, dan krisis. Menemukan 9 pesan moral (1) menghargai orang lain, (2) disiplin, (3) jujur, (4) kerja keras, (5) adil, (6) bertanggung jawab, (7) religius, (8) demokratis, (9) toleransi. Berdasarkan relevansi penelitian terhadap pembelajaran, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa dan sebagai media pendidikan karakter.
Keywords
References
Jakarta:Elek Media Komputindo.
Arief, M. Rudyanto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta:Andi.
Bekti, Humaira. (2015). Dreamweaver CSG,CSS, dan Jquery. Yogyakarta: Andi Offset.
Chaer, Abdul. (2011). Cekakak Cekikik Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.
Mahsun. (2013). Pembelajaran Teks dalam Kurikulum 2013. kemendikbud.go.id. Diunduh pada 10-05-2021.
Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratna, S.U, Prof. Dr. Nyoman Kutha. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdiana, dan Dr. Hj. Qiqi Yulianti. (2014). Pendidikan Nilai. Bandung: CV Pustaka Setia.
Wijana, I Dewa Putu. (1995). Pemanfaatan Teks Humor dalam Pengajaran Aspek-aspek Kebahasaan, 11/1995.
DOI: 10.30595/mtf.v8i2.12417
Copyright (c) 2021 Mutiara Indah Fitria, Kuntoro Kuntoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020