Teks Anekdot dalam Web Guru Pendidikan (Pola, Struktur, Pesan Moral, dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X)
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.12417Keywords:
Pola Anekdot, Struktur Teks Anekdot, Pesan Moral, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola, struktur, pesan moral, dan relevansi penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data pada penelitian ini adalah teks yang mengandung unsur Pola, Struktur, Pesan Moral di dalam teks anekdot Web Guru Pendidikan. Sumber data pada penelitian ini adalah teks anekdot Web Guru Pendidikan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu (1) 31 data dari teks anekdot menggunakan pola narasi, (2) 37 data teks anekdot menggunakan pola dialog, (3) 1 data menggunakan pola anekdot dan pola narasi. Struktur teks anekdot (1) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda, (2) 55 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan reaksi, (3) 1 data terdapat struktur abstrak, orientasi, krisis, dan koda, (4) 4 data merupakan struktur yang terdiri dari abstrak, krisis, reaksi, dan (5) 8 data terdapat struktur abstrak, orientasi, dan krisis. Menemukan 9 pesan moral (1) menghargai orang lain, (2) disiplin, (3) jujur, (4) kerja keras, (5) adil, (6) bertanggung jawab, (7) religius, (8) demokratis, (9) toleransi. Berdasarkan relevansi penelitian terhadap pembelajaran, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa dan sebagai media pendidikan karakter.
References
Jakarta:Elek Media Komputindo.
Arief, M. Rudyanto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta:Andi.
Bekti, Humaira. (2015). Dreamweaver CSG,CSS, dan Jquery. Yogyakarta: Andi Offset.
Chaer, Abdul. (2011). Cekakak Cekikik Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.
Mahsun. (2013). Pembelajaran Teks dalam Kurikulum 2013. kemendikbud.go.id. Diunduh pada 10-05-2021.
Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratna, S.U, Prof. Dr. Nyoman Kutha. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdiana, dan Dr. Hj. Qiqi Yulianti. (2014). Pendidikan Nilai. Bandung: CV Pustaka Setia.
Wijana, I Dewa Putu. (1995). Pemanfaatan Teks Humor dalam Pengajaran Aspek-aspek Kebahasaan, 11/1995.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.