Kajian Tindak Tutur Ilokusi Iklan Produk Kecantikan di Televisi

Siti Komariyah, Itaristanti Itaristanti, Indrya Mulyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di televisi. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diambil berupa tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam iklan produk kecantikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik daya pilah pragmatik. Hasil penelitian didapat yaitu 22 iklan produk kecantikan, terdapat 38 jenis tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 4 tuturan, tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 12 tuturan, tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 19 tuturan, tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 3 tuturan, dan tindak tutur ilokusi deklaratif tidak ada tuturan. Penelitian ini juga dapat dijadikan alternatif pembelajaran bahasa Indonesia di SMK kelas XII terkait materi Iklan KD 3.45 dan 4.45. Uji Validasi bertujuan untuk mengetahui kelayakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah diterapkan sesuai dengan penelitian ini oleh penulis. Hasil dari validasi Dosen ahli pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan masuk ke dalam kriteria cukup valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Indonesia; Teks Iklan; Tindak Tutur Ilokusi

References


Abdul Chaer, L. A. (2014). Sosiolinguistik. Rineka Cipta.

Anjani, Y. (2016). Tindak Tutur dalam Wacana Iklan Berbahasa Indonesia di Televisi: Sebuah Kajian Pragmatik. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayu Kusumawati, Y., Eko Budiwaspada, A., & Iwan Saidi, A. (2016). Makna Kecantikan Pada Iklan Televisi Kosmetik Berlabel Halal (Studi Kasus: Mazaya Divine Beauty). Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.1.9

Badan POM. (2017). Peraturan Kepala Badan POM RI Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengawasan Periklanan Obat. 24 pages.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Dendy Triadi, A. S. B. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktik Iklan Media Lini Bawah. Elex Media Komputindo.

Dr. Uhar Suharsaputra, M. pd. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

Griffiths, A. (2012). Iklan Powerful untuk Bisnis Anda Berawal dari Buku ini! Tangga Pustaka.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Rajagrafindo Persada.

Morissan, M. . (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenamedia Group.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Nadar, F. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.

Nadar, F. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.

Prasetya, R. A. (2017). Tindak Tutur pada Iklan Produk Makanan Cepat Saji di Televisi dan Impilkasinya. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–12.

Rachmat Kriyantono, P. . (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. UB Press.

Rahardi, R. kunjana. (2002). Pragmatik: Kesantunan Imperatif dalam Berbahasa. Erlangga.

Romadhani, N. M., & Junieles, R. (2017). Analisis Tindak Tutur pada Bahasa Iklan Produk Mie Instan Indomie di Televisi. Konfiks: Jurnal Bhasa , Sastra Dan Pengajaran.

Rusminto, N. (2009). Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Universtas Lampung.

Saputri, N.I, dkk. (2021). Analisis Tindak Tutur dalam Iklan Produk Kecantikan di Televisi. Journal of English Language Teaching and Linguistics. 6(1), 1-11.

Sikana, A. M., & Fadhillah, R. L. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 03(1), 93–104.

Sofyanti, A. (2018). Produk Kecantikan Berbahaya Marak di Sosmed, BPOM Gelar Penyuluhan.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Tarigan, H. G. (2015). pengajaran pragmatik. CV Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.

Wahyuni, S., & Ibrahim, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Refika Aditama.

Widodo, M. dan I. W. A. S. (2016). Prinsip Percakapan. TEXTIUM.

Wijayanti, E. A. (2017). Tindak Tutur pada Iklan Radio di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Yule, G. (2014). Pragmatics. Pustaka Pelajar.

Yusri, S.Pd., M. P. (2016). Ilmu Pragmatik dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Deepublish.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Sukabina Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v9i1.12419

Copyright (c) 2022 Siti Komariyah, Itaristanti Itaristanti, Indrya Mulyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020