Analisis Nilai Moral dalam Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu Karya E. Sabila El Raihany

Sulastri Siti Mujarod

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Nilai Moral Dalam Novel Temukan Aku Dalam Istikharahmu Karya  E. Sabila El Raihany. Penulis berharap pembaca mampu memahami isi dari novel tersebut.  Tujuan penelitian ini  adalah  untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel tersebut. Teknik yang digunakan dalam penilitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik baca dan catat adalah teknik yang digunakan dengan cara membaca teks tertulis, selanjutnya dicatat yang telah disediakan sesuai permasalahan yang akan dideskripsikan. Selain itu penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang berfokus pada aspek nilai-nilai moral dalam novel tersebut, menunjukan bahwa terdapat  nilai moral positif  yang bisa ditiru untuk diimplementasikan  dalam kehidupan sehari-hari dan nilai moral negatif  yang bisa dijadikan pembelajaran dalam kehidupan bermasyarakat.


Keywords


Analisis; Nilai Moral; Novel “Temukan Aku Dalam Istikharahmu”

References


Novitasari, D. J. E. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Novel “Buku Besar Peminum Kopi” Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Rahmawati, I. A. P. J. E. (2021). Analisis Penokohan dan Nilai Moral Novel Tokyo dan Perayaan Kesedihan Karya Ruth Priscilia Angelina Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Ahyar, J. 2019. Apa Itu Sastra: Jenis-Jenis Karya Sastra Dan Bagaimanakah Cara Menulis Dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Ugm Press

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Suprapto (2018). Kepribadian Tokoh Dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Muchtar Lubis Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Metafora: Jurnal Pebelajaran Bahasa Dan Sastra. 4 (1), 55-69 . Retrieved From Http://Jurnalnasional.Ump.Ac.Id/Index.Php/Metafora/Article/View/5028/2644.

Wantah (2005) : Etika Profesi. Semarang: Penerbit Nas Media Pustaka

Wellek, Rene Dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusasteraan (Terjemahan Melani Budiarta). Jakarta: Gramedia


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v9i1.12972

Copyright (c) 2022 Sulastri Siti Mujarod

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020